Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Manfaat Terapi Musik, Sembuhkan Stroke Hingga Depresi

Ahad 18 Apr 2021 02:24 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Terapi musik. Jessica, ahli terapis Siloam Hospitals Lippo Village, mengatakan terapi musik sudah terbukti secara klinis mampu membantu menangani masalah kejiwaan yang berhubungan dengan penyakit emosional, kognitif, hingga masalah sosial.

Foto:
terapi musik dapat diikuti oleh orang yang alami berbagai masalah kesehatan mental

Ia juga menjelaskan beberapa manfaat dari terapi musik bagi pasien stroke, antara lain:

- Meningkatkan kemampuan daya ingat.

- Dapat memberikan relaksasi dan meningkatkan mood.

- Menstimulasi otak dan koordinasi gerak tubuh.

- Serta membantu pengalihan rasa sakit yang dialami pasien.

Menurut Jessica, dalam banyak studi ditemukan bahwa fungsi otak dan motorik pasien stroke lebih meningkat ketika diberikan terapi musik dalam program rehabilitasi. Lebih lanjut, Mereka yang menjalani terapi musik memiliki kontrol lebih baik terhadap perasaan depresi, gelisah, dan cemas dibandingkan yang tidak menerima terapi musik. Oleh karena itu, terapi musik banyak direkomendasikan bagi pasien stroke ditengah menjalani pengobatan medis secara umum.

Sementara bagi pasien dementia, terapi musik dapat menurunkan tingkat depresi dan kecemasan. Dijelaskan Jessica, Istilah dementia digunakan untuk menggambarkan suatu sindrom atau kumpulan gejala akibat penyakit yang mengganggu daya ingat, daya pikir, daya orientasi dan kemampuan lainnya.

"Jika sebuah lagu dari masa lalu dimainkan, hal itu dapat membawa kembali kenangan yang berkaitan dengan masa lalunya. Namun penerimaan terhadap setiap pasien tidak dapat disamakan," tutur ahli terapis Jessica yang kesehariannya berpraktek di Siloam Hospitals Lippo Village ini menjelaskan. Adapun, penurunan sindrom sekecil apapun pada pasien demensia akan sangat berharga.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA