Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Bisnis Inti Grab Bukan Lagi GrabBike, Sudah Ganti Jadi ....

Sabtu 17 Apr 2021 00:31 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bisnis Inti Grab Bukan Lagi GrabBike, Sudah Ganti Jadi .... (Foto: Grab)

Bisnis Inti Grab Bukan Lagi GrabBike, Sudah Ganti Jadi .... (Foto: Grab)

Bisnis utama Grab dulunya layanan pemesanan kendaraan.

Bisnis utama Grab dulunya layanan pemesanan kendaraan (ride-hailing). Namun, beberapa tahun terakhir, bisnis pengiriman barangnya berkembang pesat.

Melansir KrAsia, Jumat (16/4/2021), bisnis pengirimannya mencatatkan GMV (gross merchandise value) 5,5 miliar dolar AS pada 2020; berkontribusi 44% terhadap total GMV Grab.

"Bisnis pengiriman akan terus menjadi sumber GMV terbesar Grab hingga 2023," begitulah proyeksi perusahaan berbasis di Singapura itu.

Baca Juga: 'Bitcoin Akan Bertahan, Cryptocurrency Akan Gantikan Emas'

Baca Juga: Google Kawinkan Blockchain dengan Pembelajaran Mesin, Apa Hasilnya?

Bahkan, Grab menambahkan, segmen pengiriman akan menghasilkan keuntungan pada 201, berdasarkan EBITDA. Karena itu, perusahaan berniat merogoh kocek untuk membangun jaringan pengiriman barang.

CEO Grab, Anthony Tan mengatakan, "Grab akan membangun jaringan pengiriman dengan biaya terendah dan paling efisien dengan berinvestasi dalam peta dan teknologi lainnya."

Grab juga berniat mengelola biaya sekaligus meningkatkan toplines bisnisnya. Menurut CFO Grab, Peter Oey, mengoptimalkan biaya penjualan dan pemasaran, biaya tetap, serta biaya cloud dan teknologi lain akan berkontribusi terhadap profitabilitas jangka panjang.

Berdasarkan EBITDA, Grab memperkirakan keuntungan pada 2023 senilai 500 juta dolar AS.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA