Puasa Membuat Berat Badan Ideal

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

 Sabtu 17 Apr 2021 05:20 WIB

Puasa Membuat Berat Badan Ideal. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Puasa Membuat Berat Badan Ideal. Foto: Ilustrasi Ramadhan

Berat badan ideal bisa didapat dengan puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sudah dipastikan berdasarkan ilmu syariat dan medis puasa dapat menyehatkan jasmani dan ruhani. Begitu besarnya pahala dan manfaat puasa, sangat disayangkan jika tidak mengerjakannya.

"Manfaat untuk kesehatan puasa dapat membantu menjaga keseimbangan berat badan," kata Topaji Pandu Barudin dalam bukunya "Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertaqwa"

Topaji menuturkan, setiap manusia pasti ingin memiliki berat badan ideal. Dengan istiqomah menjalankan ibadah puasa itu dapat memiliki berat badan ideal dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Puasa membantu kita memiliki pola hidup yang baik," katanya.

Puasa mengajarkan kepada yang mengerjakannya untuk mengonsumsi makanan atau minuman secukupnya. Puasa membuat kita tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

"Oleh karena itu, siapa pun yang rajin melaksanakan puasa berat badannya ideal," katanya

Topaji mengatakan, sebagai contoh adlah Nabi Muhammad SAW yang berat badannya ideal alias porporsional. Sesuai firman Allah SWT bahwa Nabi Muhammad merupakan teladan terbaik bagi seluruh umat manusia.

"Beliau badannya tidak kurus dan tidak gemuk. Perutnya rata atau tidak buncit. Beliau selalu mengonsumsi makanan secukupnya sehingga tubuhnya sehat dan ideal," katanya.

Manfaat lain puasa adalah dapat membuat awet muda atau menunda proses penuaan. Seperti diketahui bahwa organ-organ tubuh manusi terdiri atas jutaan jaringan sel.

"Sel-sel tersebut mempunyai bentuk yang beragam," katanya.

Ketika mengerjakan puasa, maka organ-organ tubuh berada dalam posisi rileks, sehingga sel-sel tubuh memiliki kesempatan untuk beregenerasi. Sel-sel baru yang terbentuk ini kemudian mendesak sel-sel yang tua atau sel yang telah mati untuk keluar.

"Adanya proses regenerasi sel ini menyebabkan peremajaan organ-organ tubuh dan dapat membuat wajah awet muda," katanya.

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa salah satu penyebab awet muda yaitu penghambatan proses penuaan dini atau radikal bebas. Apabila radikal bebas yang terdapat pada tubuh kita jumlahnya banyak maka dapat merusak dinding sel sehingga mempercepat proses penuaan.

"Puasa ternyata dapat mengurangi MDA (Melondealdehida) atau radikal bebas secara signifikan hingga sekitar 90 persen. Puasa juga dapat meningkatkan produksi antioksidan hingga 15 persen sehingga berpuasa dapat menyebabkan awet muda," katanya.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X