Ikan Pun Memohon Ampunan untuk Orang yang Berpuasa

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

 Sabtu 17 Apr 2021 04:40 WIB

Ikan Pun Memohon Ampunan untuk Orang yang Berpuasa . Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Ikan Pun Memohon Ampunan untuk Orang yang Berpuasa . Foto: Ilustrasi Ramadhan

Orang yang berpuasa akan dicintai oleh makhluk Allah lainya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi Rah.a mengatakan ikan-ikan yang ada di dunia ini akan memintakan ampun (beristighfar) untuk orang-orang yang sedang berpuasa. Banyak makhluk yang ada di dunia akan mendoakan orang yang berpuasa.

"Hal ini banyak ditemukan dalam berbagai riwayat. Sebagai riwayat menyebutkan bahwa para malaikat akan memohonkan ampunan baginya," kata Syekh Muhammad Zakariyya dalam kitab Fadhilah Amal.

Syekh Muhammad Zakariyya mengatakan bahwa pamannya yakni Muhammad Ilyas Rahmatullahalaih berkata. "Memang benar bahwa ikan-ikan akan mendoakannya."

Karena hal itu sesuai firman Allah Subhanahu ta'ala dalam surat Maryam ayat 96 yang artinya. "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh niscaya Allah Yang Maha Rahman akan menjadikannya orang yang dicintai (di dunia).

Sebuah hadits menyebutkan, "Jika Allah SWT mencintai seorang hambanya, maka Dia akan berfirman kepada Malaikat Jibril as. "Aku mencintai orang itu hendaknya kamu juga mencintainya."

Lalu, Malaikat Jibril mencintai orang itu dan mengumumkan kepada penduduk langit. "Allah SWT mencintai orang itu, hendaknya kalian juga mencintainya. Maka semua penduduk langit akan mencintainya. Kemudian kecintaan kepada orang itu akan menyebar ke seluruh penduduk bumi.

Padahal biasanya cinta itu hanya dimiliki oleh orang-orang yang ada di dekatnya sama tetapi cinta itu akan menyebar ke mana-mana. Makhluk yang akan mencintainya bukan hanya yang tinggal di dekatnya saja, bahkan binatang-binatang yang ada di sungai pun akan mencintainya dan mendoakannya.

"Perasaan cinta kepadanya sudah melebihi batas daratan menembus ke dalam lautan, maka binatang-binatang yang ada di hutan, pun sudah semestinya akan mendoakannya," katanya.
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X