Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Keistimewaan Para Sahabat Rasulullah

Jumat 16 Apr 2021 17:25 WIB

Red: Agung Sasongko

Para sahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam merupakan pribadi-pribadi yang mempesona dan memikat. Mereka lebih mencintai akhirat ketimbang dunia dan seisinya. (iilustrasi)

Para sahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam merupakan pribadi-pribadi yang mempesona dan memikat. Mereka lebih mencintai akhirat ketimbang dunia dan seisinya. (iilustrasi)

Foto: Pixabay
Para sahabat Rasulullah pribadi yang mempesona dan memikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para sahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam merupakan pribadi-pribadi yang mempesona dan memikat. Mereka lebih mencintai akhirat ketimbang dunia dan seisinya.

Salah satunya, kisah tentang Abu Daz Alghifari. Suatu hari, seorang laki-laki melayangkan pandangannya ke setiap pojok rumah Abu Dazar, lalu gagal melihat perabotan di sana. "Hai Abu Dzar di mana barang-barangmu," tanya lelaki tersebut.

Dijawablah pertanyaan itu,"Kami punya rumah yang lain di akhirat, barang-barang kami yang bagus telah kami kirimkan ke sana."

Baca Juga

"Tapi bukankah Anda memerlukan juga barang-barang itu di rumah ini (dunia)," tanya Lelaki itu.

"Tapi yang punya rumah (Allah) tidak membolehkan kami tinggal di sini berlama-lama," kata Abu Dzar.

Kedua, para sahabat Rasulullah merupakan ulama dan mengamalkan ilmu. Lihatlah Ibnu Abbas, yang rajin menuntut imu hingga mencengangkan para ulama besar. Masruq bin Ajda (Ulama Tabiin) pernah berkata, "Paras Ibnu Abbas sangat elok. Bila berbicara dia sangat fasih. Bila menyampaikan hadis, dia sangat ahli. Rumah Ibnu Abbas bagai perpustakaan pada zamannya,"

Ketiga, para sahabat Rasulullah memiliki sifat displin dan patuh (Jundullah). Hampir semua sahabat Rasulullah terlibat dalam peperangan. Strategi Khalid bin Walid kini dipelajari di West Point, AS. Majnah bin Tsaur Assadusy dikenal sebagai pembobol benteng Tustar dan penakluk Panglima Hurmuzan dari Persia.

Keempat, para sahabat Rasulullah memiliki sifat sabar dan santun. Rasulullah pernah berkata kepada Zaid Alkhair," Dalam pribadi terdapat dua perkara yang disukai Allah dan Rasul-Nya, yakni kesabaran dan penyantun." 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA