Jumat 16 Apr 2021 17:19 WIB

Ikuti Kompetisi Ajisaka, Tim Unissula Ukir Prestasi

Tim Unissula mengajukan ide Creation for Care.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus Unissula
Foto: Unissula
Kampus Unissula

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- Torehan prestasi kembali diukir mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah. Mereka membuktikan kualitasnya pada Ajang Insan Kreatif Nusantara (Ajisaka) 2021 yang digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Untuk kali kedua, Unissula yang diwakili Tim Peacock menyabet juara pertama kategori kompetisi Social Media Activation di ajang tersebut. Dengan demikian, Unissula mampu menyabet juara pertama secara berturut-turut dalam dua tahun terakhir.

Pada kompetisi Ajisaka yang kali ini mengambil tema ‘Biwara Bumandhala’ (berita baik untuk bumi), Tim Peacock Unissula diwakili Rizki Wibowo serta Muhammad Saiddul Bari. Mereka memilih Jumantara yang artinya ‘langit’ sebagai nama tim dalam kompetisi kategori Social Media Activation tersebut, dengan harapan bisa terbang (berprestasi) tinggi.

Mewakili tim, Rizki Wibowo mengungkapkan, dalam kompetisi kali ini tim Unissula mengajukan ide Creation for Care. Mereka berhasil mengalahkan empat tim pilihan terbaik lainnya dalam kategori social media activation.

Secara prinsip, ide ini ditujukan kepada Generasi Z agar lebih peduli terhadap protokol kesehatan dan mengingatkan mereka untuk mengapresiasi tim medis melalui karya yang positif.

“Jadi isi dari proposal kreatif kita mengajak generasi Z untuk membuat lagu dan nanti diaransemen musisi, kemudian keuntungannya akan didonasikan kepada para medis dalam bentuk alat pelindung diri (APD),” ujarnya, di Semarang, Jumat (16/4).

Ia juga menjelaskan, sebagai media yang digunakan untuk mengampanyekan gagasan tersebut, mereka memilih platform Instagram. Sedangkan media pendukungnya menggunakan platform Spotify serta Tiktok.

Kompetisi kategori Social Media Activity ini, lanjutnya, diselenggarakan melalui daring sejak 16 Februari 2020. Dimulai dengan pembukaan serta pendaftaran dan berakhir pada 10 April 2020 untuk pengumuman pemenangnya.

Dari serangkain proses tersebut, akhirnya panitia menetapkan Tim Peacock sebagai tim terbaik pertama dari kontestan yang berpartisipasi pada kategori tersebut. “Alhamdulillah, ini capaian yang harus kami syukuri dan semoga menjadi langkah awal yang baik untuk membawa nama Ilmu Komunikasi (Ilkom) dan Unissula ke ajang lainnya yang lebih bergengsi,” tegas Rizky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement