Ramadhan, Berdoalah Agar Covid-19 Berakhir

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil

 Jumat 16 Apr 2021 16:02 WIB

 Ramadhan, Berdoalah Agar Covid-19 Berakhir. Foto:  Berdoa (Ilustrasi) Foto: Republika Ramadhan, Berdoalah Agar Covid-19 Berakhir. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

Umat dianjurkan memanfaatkan Ramadhan agar covid-19 berakhir.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Umat Islam sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Pada bulan yang penuh berkah ini, Allah melipatgandakan pahala kebaikan. Bahkan, disetiap waktunya merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Karena itu, pada bulan suci ini umat Islam diajak untuk berdoa agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

Dosen Ma’had Aly Situbondo, KH Muhyiddin Khatib menjelaskan, bulan Ramadhan adalah bulan yang mustajab dan penuh berakah. Maka, kata dia, umat Islam harus berkeyakinan bahwa Allah Swt akan mengabulkan segala permohonan dan permintaan.

“Oleh karena itu, salah satu hal yang terpenting menurut saya, kalau memang Covid-19 ini memang merupakan bencana dan wabah yang memang merusak tatanan kehidupan manusia, mari kita berdoa mudah-mudahan segera berakhir,” ujar Kiai Muhyiddin saat dihubungi Republika, Senin (12/4) belum lama ini.

Baca Juga

Selain medoakan agar Covid-19 segera berakhir, menurut dia, di bulan Ramadhan ini umat Islam juga harus tetap semangat dalam melaksanakan ibadah untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. “Walaupun Covid-19 masih membayang-bayangi kita, tetapi jangan memundurkan semangat kita untuk beribadah sebagaimana yang semestinya,” ucapnya.

“Jadi, kita tetap memeningkatkan ketakwaan kepada Allah dengan melakukan semua ibadah dan perbuatan baik, seperti sedekah dan lain-lain, tanpa terpengaruh dengan covid-19,” imbuhnya.

Terakhir, pada Ramadahan di tengah Covid-19 ini, Kiai Muhyiddin juga berpesan agar tetap menggunakan protokol kesehatan dalam melaksanakan ibadah, terutama dalam melaksanakan ibadah yang berkerumun.

“Anjuran saya secara syariat kita tetap harus menggunakan prokes sesuai dengan anjuran pemerintah. Itu menjadi sesuatu yang harus kita laksanakan,” kata Kiai Muhyiddin.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X