Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Ahli Gizi Ingatkan Pola Minum dan Makan Sehat Saat Ramadhan

Jumat 16 Apr 2021 14:58 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

RS Azra menggelar Health Talk Online dengan tema

RS Azra menggelar Health Talk Online dengan tema

Foto: RS Azra
RS Azra Gelar Health Talk Online yang hadirkan ahli gizi Noer Asrori

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- RS Azra menggelar Health Talk Online dengan tema "Sehat Berpuasa dengan Asupan Gizi Seimbang di Masa Pandemi" Pada Kamis (15/4) dimulai dari Pukul 10.00 WIB sampai selesai. Acara disampaikan oleh Noer Asrori, SKM Ahli Gizi RS AZRA yang dipandu oleh Ardiana Kridayanti Humas dan Marketing RS AZRA.

Ahli Gizi Noer Asrori mengatakan, sehat berpuasa dengan asupan gizi seimbang dimasa pandemi, disesuaikan dengan rutinitas dan gaya hidup. Perilaku hidup sehat di bulan Ramadhan harus dilakukan demi kualitas kesehatan yang lebih baik. Di mana ia meminta waktu sahur tanpa merokok dan perbanyak makan makanan berserat seperti buah dan sayuran.

Ia menyatakan pagi, siang sampai sore beraktivitas seperti biasa, dan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit. Hal ini akan membuat tubuh tetap bugar, jangan tinggalkan ibadah wajib, dan perbanyak ibadah sunnah. 

Sementara, saat waktu berbuka puasa mulai dengan secangkir air hangat dan makanan sedikit manis dan makan malam sesuai dengan gizi seimbang. Saat berbuka ia juga mengingatkan makanlah secukupnya. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut sesak, makanlah secara bertahap, mulai dari air putih, dan sedikit makanan manis. Pilihlan menu bergizi seimbang, kurangi makanan manis, asin dan berlemak,

"Tetap sehat selama puasa, menu sahur yang dimakan mempengaruhi kerja tubuh pada saat berpuasa, perbanyak makan makanan berserat seperti buah dan sayur," ucap dia.

Ia juga mengingatkan agar mengindari mengonsumsi makanan berminyak, karena makanan berminyak menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, sehingga aliran oksigen menjadi berkurang dan mengakibatkan mengantuk pada siang hari.

Baca juga : Tips Penuhi Nutrisi Ideal Bagi Lansia Berpuasa

Ia juga mengingatkan pola minum yang tepat saat Ramadhan, yaitu:

Minum 8 gelas air perhari 

1 gelas selepas bangun sahur

1 gelas selepas sahur

1 gelas saat berbuka puasa

1 gelas selepas sholat magrib

1 gelas selepas makan

1 gelas selepas sholat isya

1 gelas selepas sholat tarawih

1 gelas sebelum tidur

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA