Jumat 16 Apr 2021 12:14 WIB

Cara Pastikan Ban dalam Kondisi Aman

Ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi ban Bridgestone)
Foto: Wikimedia
(Foto: ilustrasi ban Bridgestone)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebuah kendaraan, ban merupakan salah satu komponen yang memegang peranan kunci dalam hal keselamatan. Sebab, ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Oleh karena itu, PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) membagikan sejumlah cara yang dapat dilakukan oleh pengendara dalam melakukan pemeriksaan kondisi ban.

Baca Juga

Dikutip dari laman resmi Bridgestone Indonesia pada Kamis (15/4), salah satu langkah utama yang perlu dilakukan adalah dengan selalu memeriksa tekanan udara pada ban. Hal ini perlu dilakukan karena tekanan udara pada ban berpengaruh terhadap daya cengkeram ban itu sendiri.

Selain itu, jika tekanan udara tidak sesuai dengan tekanan yang dianjurkan, maka hal itu berpotensi membuat ban lebih cepat meletus dan membuat perutaran roda menjadi lebih berat serta tak efisien.

Disarankan, pemeriksaan ini dilakukan secara rutin tiap bulan atau setiap akan melakukan perjalanan jarak jauh. Pemeriksaan ini sendiri dapat dilakukan dengan menggunakanalat pengukur tekanan ban. Atau, pada sejumlah mobil tertentu, pengukuran dapat dilakukan dengan lebih mudah lewat fitur tyre pressure monitoring system (TPMS).

Selanjutnya, lakukan juga pemeriksaan pada kondisi permukaan ban. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa ban masih memiliki alur yang memadai untuk memberikan grip yang optimal dalam setiap kondisi.

Jika ternyata kedalaman alur sudah berada di bawah 1,6 milimeter, maka pengedara disarankan untuk segera melakukan penggantian ban tersebut.

Berikutnya, pengendara juga perlu pelihat kondisi fisik ban dengan memeriksa apakah terdapat benjolan atau retakan pada permukaan serta dinding ban. Jika ternyata ditemukan retakan atau benjolan maka itu menandakan terdapat kerusakan pada struktur ban sehingga pengendara perlu untuk segera melakukan penggantian ban.

Dengan beragam cara ini, Bridgestone Indonesia berharap pengendara dapat melakukan perjalanan dengan lebih aman, nyaman dan efisien. Hal ini menjadi perhatian Bridgestone Indonesia karena pabrikan ini memiliki concern terhadap kenyamanan dan keselamatan pengendara.

Hal ini pun membuat Bridgestone Asia Pacific telah memenangkan penghargaan Regional Overall Outstanding Performance tahun 2020 dalam ajang Toyota’s Supplier Award. Managing Director Thai Bridgestone Co., Ltd, Keiji Chuma mengatakan, penghargaan ini membuat Bridgestone ingin terus meningkatkan komitmen untuk terus menemukan serta mengembangkan solusi terdepan, efektif dan berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement