Jumat 16 Apr 2021 10:28 WIB

Kebakaran di Tambora, 14 Mobil Pemadam Dikerahkan

Penyebab kebakaran diduga karena terjadi korsleting listrik pada kabel mesin jahit.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Kebakaran melanda pemukiman padat di Tambora, Jakarta Barat
Foto: dok. Sudin Damkar Jakarta Barat
Kebakaran melanda pemukiman padat di Tambora, Jakarta Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran melanda sebuah rumah di kawasan padat penduduk di Gang Cahaya, Jalan Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (16/4) dini hari. Untuk mencegah api menjelar ke rumah lainnya, petugas pemadam kebakaran sampai mengerahkan 14 unit mobil pemadam.

"Pengerahan sebanyak 14 unit pompa (mobil pemadam) dan 6 unit pendukung," kata Kasiops Sudin Gulkamart Jakbar Eko Sumarno ketika dikonfirmasi, Jumat.

Proses pemadaman dilakukan oleh 100 personel. Sumarno menjelaskan, pihaknya mengerahkan sumber daya sampai sebanyak itu guna mencegah api merembet ke bangunan lain. Sebab, kawasan permukiman Tambora sangat padat.

"Untuk mengantisipasi perambatan api, sangat dibutuhkan sumber air yang cukup banyak," kata Eko.

 

Langkah tersebut terbukti ampuh. Kobaran api di rumah itu bisa dipadamkan dalam kurun waktu sekitar satu jam saja. Setalah menerima laporan kebakaran itu pukul 00.09 WIB, pemadaman selesai dilakukan pukul 01.08 WIB.

Eko menjelaskan, kebakaran itu menghanguskan area seluas 80 meter persegi. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini. Sedangkan kerugian materi diperkirakan sekitar Rp 100 juta.

"Adapun penyebab kebakaran diduga karena terjadi korsleting listrik pada kabel mesin jahit (di rumah itu)," kata Eko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement