Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Pelatih Ajax: Tim Terbaik Telah Tersingkir dari Liga Europa

Jumat 16 Apr 2021 05:35 WIB

Red: Bayu Hermawan

Pemain AS Roma Edin Dzeko (kanan) mencetak gol ke gawang Ajax Amsterdam pada pertandingan Jumat (16/4) WIB.

Pemain AS Roma Edin Dzeko (kanan) mencetak gol ke gawang Ajax Amsterdam pada pertandingan Jumat (16/4) WIB.

Foto: EPA
Pelatih Ajax mengomentari kekalahan timnya dari AS Roma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Ajax Erik Ten Hag mengatakan 'tim terbaik telah tersingkir' dari ajang Liga Europa musim ini. Ajax Amsterdam gagal lolos ke semifinal Liga Europa setelah takluk dari AS Roma dengan skor 1-2 dalam pertandingan leg kedua babak perempat final di Stadion Olimpico, Jumat (16/4) dini hari WIB.

"Tim terbaik telah tersingkir," ujar Ten Hag mengomentari kekalahan Ajax dari Roma seperti dikutip Football Italia.

Baca Juga

"Ajax mendominasi pertandingan baik di kandang maupun tandang. Seperti pertandingan sebelumnya, kami menciptakan banyak peluang, tapi sayang gagal memanfaatkannya," ucapnya menambahkan.

Erik memuji penampilan Brian Brobbey yang mencetak gol ke gawang Roma pada pertandingan kali ini. Selain itu, Erik Ten Hag juga mengkritik dan tidak terima gol kedua Dusan Tadic harus dianulir oleh wasit.

"Gol itu dianulir karena alasan yang tidak bisa dimengerti," tegasnya.

Erik menilai keputusan wasit telah mengubah jalannya pertandingan. Ia menilai jika gol itu disahkan, bukan tidak mungkin hasil akhir akan berbeda.

Seperti diberitakan sebelumnya, AS Roma berhasi lolos ke babak semifinal Liga Europa setelah berhasil menahan imbang Ajax Amsterdam dengan skor 1-1 di Stadio Olimpico. Ajax yang lebih mendominasi permainan gagal menambah pundi gol mereka. 

Gol baru tercipta pada babak kedua pertandingan. Gol pertama dicetak oleh Ajax pada menit ke-49. Umpan Perr Shuurs berhasil dimanfaatkan dengan ciamik oleh Brian Brobbey. Tendangan lobnya tak berhasil diselamatkan penjaga gawang Roma. 

Ajax sebenarnya menambah keunggulan pada menit ke-56 lewat Dusan Tadic. Namun wasit menganulir gol tersebut setelah melihat VAR dan menyatakan Ajax melakukan pelanggaran sebelum gol itu terjadi. 

Meski lebih banyak mengontrol pertandingan, pada menit ke-72 justru Roma yang berhasil menyamakan kedudukan lewat serangan balik. Pergerakan Riccardo Calafiori berhasik membuahkan peluang emas bagi Roma. Edin Dzeko yang menerima umpannya berhasil menyontek bola ke gawang Ajax. 

Dengan hasil ini, Roma berhak lolos ke babak semifinal Europa League. Roma akan bertemu dengan Manchester United di babak tersebut. Chris Smalling dan Henrikh Mikhtaryan akan bersua dengan mantan rekan setimnya tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA