Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Arsenal Lolos Semifinal Liga Europa Usai Cukur Slavia Praha

Jumat 16 Apr 2021 03:55 WIB

Red: Bayu Hermawan

Alexander Lacazette merayakan gol ke gawang Slavia Praha pada pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Europa, Jumat (16/4) dini hari WIB.

Alexander Lacazette merayakan gol ke gawang Slavia Praha pada pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Europa, Jumat (16/4) dini hari WIB.

Foto: EPA
Arsenal menang telak 4-0 atas tuan rumah Slavia Praha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsenal mengalahkan tuan rumah Slavia Praha dengan skor 4-0 dalam pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Europa di Stadion Eden Arena, Jumat (16/4) dini hari WIB. Hasil ini membuat skuat asuhan Mikel Arterta lolos ke semifinal Liga Europa.

Kedua tim langsung tancap gas begitu peluit babak pertama berbunyi. Arsenal mengambil inisiatif untuk menyerang. Slavia Praha merespon dengan melakukan counter attack cepat ke pertahanan Arsenal.

Baca Juga

Laga berjalan menarik dengan tempo cepat di awal pertandingan. Sejumlah peluang diciptakan oleh kedua tim. Namun, belum ada yang mampu dikonversi menjadi gol. Arsenal mengejutkan tuan rumah pada menit ke 13, setelah mampu membobol gawang Slavia. Berawal dari serangan balik, Saka melepaskan tembakan keras yang membentur tiang gawang. Penjaga gawang Slavia, Kolar gagal mengamankan bola, yang langsung disambar oleh Smith Rowe.

Namun, wasit menganulir gol tersebut, karena setelah melakukan pengecekan VAR, Smith Rowe sudah lebih dulu berdiri pada posisi offside. The Gunners akhirnya mampu mencetak gol pembuka pada menit ke-18. Melalui skema serangan, Smith Rowe mengirimkan umpan terobosan ke Pepe, sebelum akhirnya melepaskan tembakan terukur menaklukan kiper Slavia. Arsenal 1-0 Slavia.

Skuat asuhan Mikel Arterta kembali menambah keunggulan pada menit ke-22 melalui titik putih, setelah Saka dilanggar di dalam kotak penalti. Alexandre Lacazette yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang dan sukses membawa Arsenal unggul 2-0 atas Slavia.

Tertinggal dua gol dalam waktu singkat, nampaknya berpengaruh pada permainan Slavia Praha. Buktinya, Meriam London kembali membobol gawang Slavia pada menit ke-24. Kali ini, lewat serangan balik, Bukayo Saka yang menerima umpan terobosan dari Chambers melepaskan tembakan menyusur dari pinggir kotak penalti yang tak mampu dihalau kiper Slavia. Arsenal unggul 3-0 atas Slavia Praha hanya dalam tempo tujuh menit saja.

Di sisa waktu babak pertama, Arsenal semakin nyaman bermain. Beberapa kali skuat Meriam London melancarkan serangan ke pertahanan Slavia Praha. Sementara Slavia nampak semakin tertekan untuk mengejar defisit gol. Namun hingga babak pertama usai, skor tidak berubah, Arsenal unggul 3-0 atas Slavia Praha.

Di babak kedua, Arsenal menurunkan tempo permainannya. Arsenal lebih banyak menerapkan ball possesion sambil sesekali melakukan serangan. Sementara Slavia Praha tetap tidak mampu membongkar barisan pertahanan Arsenal.

Arsenal memastikan lolos ke babak Semifinal Liga Europa setelah pada menit ke-76, Alexander Lacazette kembali mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari serangan balik, Nicola Pepe mengirimkan umpan silang mendatar ke Lacazette yang berdiri bebas di kotak penalti. Tanpa kesulitan pemain asal Prancis itu melepaskan tembakan yang membobol gawang Slavia Praha untuk keempat kalinya.

Unggul 4-0, Arsenal menarik pemain-pemain kuncinya. Lacazette digantikan Nketiah, Saka digantikan Martinelli dan Thomas Partey ditarik digantikan Cedric. Hingga akhir pertandingan, skor tidak berubah. Arsenal lolos ke babak Semifinal Liga Europa dengan aggregat 5-1 atas Slavia Praha.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA