Amankah Konsumsi Kafein Kala Puasa?

Red: Agung Sasongko

 Kamis 15 Apr 2021 22:45 WIB

Bubuk Kopi (ilustrasi) Foto: Pix4free Bubuk Kopi (ilustrasi)

Asupan makanan sehat dapat menjadi bekal untuk tubuh agar tetap fit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Amankah mengonsumsi kafein kala puasa? pertanyaan ini banyak muncul ketika puasa Ramadhan tiba.

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK menjelaskan, bagi Anda yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi, tidak masalah untuk tetap mengonsumsinya selama bulan Ramadhan. Mungkin dapat dikurangi saja jumlah kopinya.

"Apabila Anda biasa mengonsumsi kopi sebanyak 2 sendok teh, dapat dikurangi menjadi 1 sendok teh. Namun, jika Anda merasa tidak ada masalah, misalnya pada perut, masalah lambung, dan dehidrasi, maka Anda dapat tetap menerapkan kebiasaan lama,"kata dia, Kamis (15/4)

Baca Juga

Efek diuresis (peningkatan produksi urin, efek samping konsumsi kafein) sangat mungkin terjadi, namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya. Hati-hati, minum kopi saat sahur dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi.

Asupan makanan sehat dapat menjadi bekal untuk tubuh agar tetap fit dalam menjalani puasa Ramadan, maka lalu pilih makanan dan minuman yang baik untuk tubuh Anda.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X