Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Wagub: Vaksinasi di Jakarta Sudah Capai 2,4 Juta Dosis

Kamis 15 Apr 2021 20:58 WIB

Rep: Flori Sidebang / Red: Bayu Hermawan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Foto: Republika/Flori Sidebang
DKI Jakarta jadi provinsi kedua tercepat dalam hal realisasi vaksinasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan progres vaksinasi Covid-19 di Ibu Kota saat ini total sudah mencapai 2,4 juta dosis. Riza mengatakan, jumlah penerima vaksin Covid-19 tahap pertama sebanyak 1,56 juta dosis dan penerima vaksin tahap kedua mencapai 746 ribu dosis.

Sasaran vaksinasi covid-19 di Jakarta, jelas Riza, yakni sebesar 8.811.157 dosis. "Seluruhnya sudah selesai divaksin terkait nakes, kemudian PNS, (awak) media sudah, lansia sudah hampir selesai," katanya, Kamis (15/4).

Riza melanjutkan, total vaksin yang sudah diterima Pemprov DKI Jakarta dari pemerintah pusat sebanyak 3.613.682 dosis. Menurutnya, pihaknya pun telah bergerak dengan cepat dalam menyediakan layanan vaksinasi. 

Baca Juga

"Alhamdulillah, Jakarta sudah cukup cepat seperti yang sering saya sampaikan. Kami sudah siapkan 11 faskes (fasilitas kesehatan) dengan lebih dari 3.110 pelaksanana vaksinasi dan kapasitas penyuntikkan kami mencapai 50 ribu bahkan sampai 70 ribu per hari," ujarnya.

Adapun DKI Jakarta menjadi provinsi yang berada di urutan kedua dalam hal realisasi vaksinasi covid-19. Sedangkan posisi pertama diduduki oleh Provinsi Bali. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menilai, kondisi pandemi di Ibu Kota saat ini lebih terkendali dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satunya, kata dia, terlihat dari ketersediaan layanan pasien covid di fasilitas kesehatan.

"Alhamdulillah, situasi saat ini cukup terkendali, fasilitas kesehatan kita tidak sedang over capacity (kelebihan kapasitas) dalam menangani pasien Covid-19, "kata Anies seperti dikutip dari video yang diunggah dalam akun Instagram miliknya @aniesbaswedan, Selasa (15/4).

Selain itu, sambung dia, kini kasus aktif Covid-19 di Jakarta juga relatif landai di kisaran 6 ribu sampai 7 ribu kasus aktif. Hal itu dibandingkan dengan beberapa bulan lalu yang mencapai angka 26 ribu kasus aktif.

"Dan proses vaksinasi di Jakarta terus berjalan dengan cepat, dengan prioritas lansia dan petugas pelayanan publik," ujarnya.

Kemudian, Anies mengungkapkan, saat ini proses vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi telah mencapai 58 persen. Sedangkan pemberian dosis kedua telah dilakukan sebesar 20 persen.

Anies pun berharap, pemberian vaksin kepada para lansia dapat rampung dilakukan sebelum Idul Fitri nanti. "Ini adalah capaian tertinggi dan kita akan kejar terus sehingga 90-95 persen lansia bisa tuntas divaksin sebelum Idul Fitri nanti," ujarnya.

Sementara itu, Anies menuturkan, vaksinasi bagi tenaga kesehatan di Ibu Kota sudah hampir mencapai 100 persen. Ia pun kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Terutama mengenakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA