Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Ragam Bencana di Sukabumi, Rusak Ruang Kelas dan Rumah Warga

Kamis 15 Apr 2021 20:42 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Petugas BPBD Kota Sukabumi mengevakuasi pohon tumbang di SMKN 3 Sukabumi, Kamis (15/4) sore

Petugas BPBD Kota Sukabumi mengevakuasi pohon tumbang di SMKN 3 Sukabumi, Kamis (15/4) sore

Foto: bpbd kota sukabumi
Warga diminta waspadai hujan disertai angin kencang yang berpotensi memicu bencana

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI-- Ragam bencana terjadi di enam titik di Kota Sukabumi Kamis (15/4) siang. Dampaknya kejadian tersebut menyebabkan kerusakan pada dua ruang kelas sekolah SMK dan beberapa rumah warga.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, bencana ini terjadi ketika hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Sukabumi pada Kamis siang sekitar pukul 12.00 WIB. '' Hingga pukul 18.05 WIB, tercatat ada enam titik yang dilanda bencana,'' ujar Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, Kamis malam.

Bencana pertama yakni Pohon tumbang di Jalan Selabintana Cimangga RT 04 RW 07. Akibatnya lalu lintas terganggu karena pohon Terembesi berdiameter 20-30 centimeter dengan tinggi pohon 6 meter sempat menutup jalan.

Titik kedua yakni rumah panggung nyaris roboh dan kabel listriknya nyaris roboh milik di RT 04 RW 01 Perampatan Cigodeg, Kecamatan Citamiang. Kejadian ketiga longsor terjadi di Babakan Jampang RT 03 RW 11 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole.

Akibatnya kanopi samping rumah warga yang terbuat dari baja ringan ambruk, dengan luas yang 5erdampak 6x12 meter. Ke empat longsoran terjadi di Jalan Kabandugan RT 03 RW 06 Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole mengakibatkan atap rumah rusak.

Berikutnya kata Zulkarnain, titik kelima longsoran akibat hujan deras dan angin sehingga menyebabkan jebolnya tanggul irigasi di RT 04 RW 05 Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh pada pukul 13.30 WIB.Dampaknya aliran air untuk keperluan warga terhambat. Terakhir ke enam, bencana pohon tumbang terjadi Jalan Kabandungan tepatnya di SMKN 3 Sukabumi Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole.Di mana pohon pinus yang tumbang ini menimpa ruangan 2 kelas. Tinggi pohon 15 meter, diameter 40 centimeter, dan luas berdampak 12 x 2 meter.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardhani mengatakan, petugas BPBD dan aparat wilayah telah dikerahkan ke lokasi bencana untuk melakukan penanganan. '' Kami juga meminta warga waspada ketika terjadi hujan disertai angin kencang yang berpotensi menyebabkan bencana,'' imbuh dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA