Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Pemudik Sebelum 1-17 Mei Tetap Harus Bebas Covid-19

Kamis 15 Apr 2021 19:50 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus raharjo

Calon penumpang menunggu bus tujuan Jakarta di terminal bayangan Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (1/11/2020). (Ilustrasi)

Calon penumpang menunggu bus tujuan Jakarta di terminal bayangan Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (1/11/2020). (Ilustrasi)

Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Personel kepolisian bakal menggelar tes acak di tempat peristirahatan pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Korps Lalu Lintas Polri tidak akan melakukan penyekatan di luar waktu larangan mudik yang ditetapkan pemerintah yakni 6-17 Mei 2021. Namun, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik di luar tanggal tersebut harus dalam keadaan sehat dan bebas Covid-19.

"Kemudian kalau ada perjalanan sebelum larangan itu, kepolisian dan stakeholder, petugas kesehatan, gugus tugas dan (dinas) perhubungan akan memastikan yang melakukan perjalanan dalam keadaan sehat bebas Covid," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan dalam dialog virtual bertajuk 'Tidak Mudik, Lebih Baik, Kamis (15/4).

Rudi mengatakan, aturan bebas Covid-19 bagi masyarakat yang hendak bepergian jauh tertuang dalam surat edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Karena itu, masyarakat diminta untuk mematuhi aturan tersebut.

Untuk memastikan hal tersebut, Rudi mengatakan jajaran personel di lapangan juga melakukan pemeriksaan acak atau random cek terhadap masyarakat yang hendak mudik sebelum tanggal tersebut. "Seperti biasa, menggelar random check rapid tes antigen di rest area tempat istirahat, kita pastikan sebelum itu jangan sampai ada mobilitas yang besar besaran, tetap kita kendalikan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Istiono mengatakan tidak akan melakukan penyekatan bagi para pemudik di jalur mudik sebelum tanggal 6 Mei 2021. Bahkan, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Istiono memastikan semua lalu lintas akan lancar.

"Kalau ada yang mudik awal ya silakan saja, kita perlancar," kata  Istiono saat meninjau skema penyekatan mudik Lebaran 2021 di Gerbang Tol Palimanan.

Menurutnya, sebelum tanggal 6 Mei 2021, pemerintah juga tidak melarang warga untuk bepergian kemana pun, asalkan tetap menaati protokol kesehatan Covid-19. Untuk itu dipastikan kalau ada yang memaksa mudik lebih awal, maka pihaknya tidak akan melakukan penyekatan dan menyuruh memutar balik ke daerah asal.

Namun setelah memasuki tanggal 6 sampai 17 Mei, jalur utama mudik yang berada di Pulau Jawa, Sumatra maupun Bali akan dijaga ketat oleh petugas. "Setelah tanggal 6 Mei, mudik tidak boleh dan kita sekat," kata  Istiono.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA