Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Ada Peran Zidane dalam Peningkatan Performa Vinicius

Kamis 15 Apr 2021 19:42 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Striker Real Madrid Vinicius Jr melakukan selebrasi setelah mencetak gol 1-0 pada pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions UEFA antara Real Madrid dan Liverpool FC yang diadakan di stadion Alfredo Di Stefano, di Madrid, Spanyol tengah, 6 April 2021.

Striker Real Madrid Vinicius Jr melakukan selebrasi setelah mencetak gol 1-0 pada pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions UEFA antara Real Madrid dan Liverpool FC yang diadakan di stadion Alfredo Di Stefano, di Madrid, Spanyol tengah, 6 April 2021.

Foto: EPA-EFE/Juanjo Martin
Vinicius diharapkan bisa meningkatkan pengaruh di sepertiga akhir lapangan

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Winger asal Brasil, Vinicius Junior, secara perlahan mulai membuktikan kemampuannya dan kontribusi terhadap performa Real Madrid.

Keberhasilan Madrid menyingkirkan Liverpool dengan agregat, 3-1, di babak perempat final Liga Champions tidak terlepas dari sumbangan dua gol pemain berusia 20 tahun tersebut di partai leg pertama, tengah pekan lalu.

Pada dua musim pertamanya mengenakan seragam Los Blancos, Vicinius tidak luput dari sorotan dan kritikan tajam. Padahal, Madrid merogoh kocek begitu dalam saat mendatangkan Vinicius dari Flamengo pada 2018 silam, yaitu mencapai 38 juta poundsterling.

Dengan nilai transfer tersebut, Vinicius menjadi pemain Brasil termahal kedua di sepanjang sejarah, setelah Neymar. Bahkan, penyerang Real Madrid, Karim Benzema, dan bek sayap Madrid, Ferland Mendy, sempat mengkritik performa Vicinius pada Oktober tahun lalu.

Dalam sebuah rekaman video sebelum pertandingan, keduanya kedapatan bersepakat untuk tidak mengoper bola kepada Vicinius. Pasalnya, performa Vicinius dinilai tidak memberikan kontribusi positif buat performa Los Blancos.

Kendati begitu, pada paruh kedua musim ini, Vinicius mampu tampil impresif. Winger timnas Brasil itu tercatat telah mengemas enam gol dan enam assist dari 39 penampilan di semua ajang. Ini merupakan catatan penampilan terbaik Vinicius sejak resmi mengenakan seragam Los Blancos pada awal musim 2018/2019.

Pada musim lalu, Vinicius hanya mampu mengemas lima gol dari 38 penampilan di semua ajang. Peningkatan performa Vinicius ini ternyata tidak terlepas dari peran dari pelatih Los Blancos, Zinedine Zidane. Pelatih asal Prancis itu diketahui secara khusus memberikan sesi latihan tersendiri buat Vinicius.

''Setelah semua sesi latihan kelompok di tim utama Real Madrid selesai, Vinicius akan tetap berada di lapangan dan kembali berlatih bersama Zidane. Sesi latihan khusus ini digelar oleh Zidane untuk bisa meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan Vinicius.”

“Ujungnya, Vinicius diharapkan bisa meningkatkan pengaruh di sepertiga akhir lapangan atau di penghujung serangan Madrid,'' tulis laporan L'Equipe seperti dilansir Daily Mail, Kamis (15/4).

Sesi latihan khusus ini terbukti efektif meningkatkan performa Vinicius. Di empat laga terakhir di semua ajang, Vinicius sukses mencetak dua gol dan satu assist.

Kabarnya, keberhasilan sesi latihan khusus yang dilakoni Vinicius ini membuat Zidane untuk menerapkan sistem latihan serupa pada winger muda Madrid, Rodrygo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA