Bosan Dengan Kurma Biasa? Coba Kreasi Selai Kurma Ini

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

 Kamis 15 Apr 2021 19:35 WIB

Kurma (ilustrasi) Foto: Pixy.org Kurma (ilustrasi)

Selai kurma mudah untuk dibuat, hanya butuh 4 menit untuk membuatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu hal yang identik dengan bulan suci Ramadhan adalah buah kurma. Salah satu alasannya, mengonsumsi kurma saat sahur atau berbuka merupakan salah satu kebiasaan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Bila ingin mengonsumsi kurma dengan cara yang berbeda, kerasi selai kurma mungkin dapat menjadi pilihan. Selai kurma tak hanya mudah untuk dibuat, tetapi juga membutuhkan waktu yang sangat singkat, sekitar empat menit.

Proses pembuatan selai kurma pun tak membutuhkan teknik memasak dan kompor. Selai kurma sangat cocok dikonsumsi bersama roti panggang atau roti pisang.

Resep selai kurma berikut ini mencakup empat porsi. Satu porsi selai kurma mengandung 136 kalori, 12 gram lemak, 5 gram karbohidrat, 5 gram gula, 0,4 gram serat, dan 0,2 gram protein.

Resep ini juga cocok untuk orang-orang yang sedang menerapkan diet vegetarian atau diet bebas gluten. Berikut ini adalah resep selai kurma, seperti dilansir BBC Good Food.

Bahan:
150 gram minyak kelapa atau mentega
80 gram kurma lembut yang sudah dibuang bijinya, salah satu jenis kurma yang cocok digunakan adalah kurma medjool
1 sdm sirup maple
Sejumput kayu manis
Sejumput garam

Cara Pembuatan:
1. Siapkan blender atau food processor.
2. Masukkan minyak kelapa atau mentega, kurma, sirup maple, kayu manis, dan garam ke dalam food processor. Proses seluruh bahan hingga halus dan tercampur rata.
3. Dinginkan selai kurma terlebih dahulu di dalam kulkas. Selai kurma siap disantap dan bisa disimpan sampai satu pekan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X