Kamis 15 Apr 2021 18:56 WIB

Dukung UMKM, Dompet Kilat Hadirkan Tiga Fitur Baru

Karyawan atau para pekerja juga bisa mengakses layanan ini.

Perajin menyelesaikan sejumlah cenderamata dari tanaman eceng gondok (Eichornia crassipes) di rumah produksi Syarina Handicraft, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/4). UMKM terus mencoba bangkit di tengah pandemi.
Foto: Antara/Aji Styawan
Perajin menyelesaikan sejumlah cenderamata dari tanaman eceng gondok (Eichornia crassipes) di rumah produksi Syarina Handicraft, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/4). UMKM terus mencoba bangkit di tengah pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Kilat memperkenalkan tiga layanan baru yang dapat mendorong pertumbuhan UMKM dan perekonomian masyarakat Indonesia yang terpukul akibat dampak pandemi Covid-19. CEO Dompet Kilat, Sunu Widyatmoko mengatakan, Dompet Kilat merupakan perusahaan P2P lending pertama yang mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Ia bangga karena Dompet Kilat menjadi bagian yang mendukung tata kelola pembiayaan yang tepat dan berupaya menjawab berbagai tantangan. Seperti, terkait mencekiknya bunga pinjaman dalam industri P2P lending.

Ia mengatakan, Dompet Kilat hadir sebagai solusi dalam memenuhi tujuan finansial bagi para peminjam maupun pendana (investor). "Pandemi ini sangat berdampak pada kita semua, itulah sebabnya Dompet Kilat bertekad untuk memberikan kesempatan berjuang bagi pelaku UMKM dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kami juga melihat peluang bagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan bisnis di sektor produktif seperti pertanian, peternakan, usaha mikro dan lain sebagainya yang secara tidak langsung mempengaruhi Dompet Kilat untuk menghadirkan tiga layanan terbarunya, yakni Agri Kilat, Modal Kilat, dan Gaji Kilat," kata Sunu, Kamis (15/4). 

Sektor pertanian secara khusus merupakan penyumbang terbesar kedua bagi perekonomian Indonesia dengan mencatat pertumbuhan 1,75 persen pada tahun 2020. "Selain itu, semakin banyaknya para pelaku UMKM yang go digital membuat kami kian optimis dengan pertumbuhan fintech P2P lending di tahun 2021," ujarnya.

Pergeseran UMKM ke platform digital sangat dipengaruhi oleh berbagai kemudahan dan bantuan akses dari pemerintah guna membangun rekam jejak daring yang positif sehingga mampu mengakses permodalan yang lebih mudah. Saat ini bantuan permodalan sangat dibutuhkan sektor UMKM mengingat sektor tersebut sangat terdampak oleh pandemi Covid-19.

"Rebranding Dompet Kilat terlihat pada tiga layanan baru yang dihadirkan, yakni Agri Kilat, Modal Kilat, dan Gaji Kilat. Layanan ini diharapkan dapat memberikan warna baru dan mendorong perekonomian Indonesia kedepan sekaligus membantu mewujudkan inklusi keuangan pada masyarakat," kata dia.

Agri Kilat, misalnya, diciptakan sebagai jawaban atas minimnya ketersediaan pembiayaan modal kerja pada sektor agribisnis seperti pertanian padi, jagung, budidaya udang, dan peternakan ayam. Model pinjaman didasarkan pada pendekatan ekosistem tertutup. 

Setelah ekosistem dinilai berada di atas parameter penerimaan risiko Dompet Kilat, maka proses pengajuan dapat diterima. Fitur utama Agri Kilat adalah membantu arus kas agar sesuai dengan persyaratan pembiayaan dalam siklus kas bisnis. Pendekatan ini tidak hanya memenuhi permintaan saat ini tetapi juga mampu mengurangi risiko pinjaman dengan signifikan.

"Modal Kilat merupakan pinjaman modal kerja jangka pendek. Modal Kilat hadir untuk memberikan fasilitas pembiayaan kepada startup yang membutuhkan pendanaan dengan tujuan memacu pertumbuhan bisnis baru dan upaya ekspansi," kata dia.

Saat ini di Indonesia, kebutuhan pembiayaan UMKM yang sangat besar tidak terjangkau oleh banyak lembaga keuangan. Bertekad untuk menjembatani kesenjangan ini, kata dia, Modal Kilat adalah penawaran layanan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang spesifik. Dompet Kilat biasanya bermitra dengan agregator untuk menilai risiko dan mengawasi kinerja operasional bisnis.

Dompet Kilat memahami tantangan yang dihadapi oleh karyawan di Indonesia. Untuk memberikan penawaran yang lebih baik kepada tenaga kerja, Dompet Kilat menghadirkan Gaji Kilat, sebuah layanan penyedia dana yang diperlukan perusahaan dalam membantu karyawan. 

"Untuk pembayaran, setiap bulan gaji karyawan di rekening bank akan otomatis terpotong dengan beban bunga yang wajar. Dompet Kilat memastikan tidak akan sejalan dengan pinjaman berbunga tinggi yang diperuntukkan bagi karyawan," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement