Kamis 15 Apr 2021 18:54 WIB

Menparekraf Dorong UMKM Partisipasi Dukung Brand Lokal

Pada HBBL kolaborasi brand lokal berhasil meraih pendapatan total Rp 130 miliar

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku UMKM dapat berpartisipasi dalam Festival Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021. (ilustrasi).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku UMKM dapat berpartisipasi dalam Festival Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mendorong pelaku UMKM dapat berpartisipasi dalam Festival Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021. Adapun kampanye ini  akan memajukan merek lokal untuk bisa berkembang dan memajukan UMKM.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan penyelenggaraan HBBL 2021 menjadi ajang bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mempromosikan bisnis mereka.

Baca Juga

"Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk bisa berkembang dan menguatkan satu sama lain dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi," ujarnya saat acara Hari Belanja Brand Lokal 2021 secara virtual, Kamis (15/4).

"Kampanye Hari Belanja Brand Lokal sudah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pioner ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia," ucapnya.

Dia juga mengajak merek lokal dan pelaku kreatif Indonesia ikut berpartisipasi dalam HBBL 2021. Maka demikian, mereka bisa memanfaatkan peluang untuk memperluas bisnis. "Segera daftarkan brand lokal untuk berpartisipasi dalam acara Hari Belanja Brand Lokal yang akan digelar 5 Mei 2021. Maksimalkan kesempatan ini untuk promosikan produk Anda kepada masyarakat luas, bahwa produk lokal tidak kalah istimewanya dari produk luar negeri," ucapnya.

Sementara Director of Hypefast Tinton Ardian menambahkan pada HBBL 2020 sebanyak seribu merek lokal berkumpul, saling berkolaborasi dan berhasil meraih pendapatan total hingga Rp 130 miliar serta mempertahankan empat ribu lapangan kerja selama Covid-19.

"Tahun ini kami ingin bantu brand lokal meningkatkan penjualan mereka. Kami targetkan dua ribu brand lokal HBBL 2021. Kami ingin mengulang kesuksesan dan jadi lebih kuat memberi kesempatan bagi semua brand lokal kita, baik merek kecil maupun yang sudah mapan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement