Makam Pangeran Jayakarta Ramai Didatangi Peziarah

Red: Agung Sasongko

Kamis 15 Apr 2021 17:01 WIB

Karyawan membersihkan area kompleks cagar budaya Makam Pangeran Jayakarta di Jakarta, Jumat (6/9/2019). Foto: Antara/Muhammad Adimaja Karyawan membersihkan area kompleks cagar budaya Makam Pangeran Jayakarta di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makam Pangeran Jayakarta yang berada di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, ramai didatangi peziarah pada bulan Ramadhan. Suhendar selaku Ketua Masjid Jami Assalafiyah mengatakan bahwa pihaknya menerapkan aturan bagi para peziarah agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Kita walaupun mengadakan kegiatan tetap pakai protokol kesehatan, masker, tempat cuci tangan kita siapkan," ujar Suhendar.

Baca Juga

Dia mengatakan bahwa pihaknya tidak melakukan pembatasan kunjungan bagi peziarah yang ingin datang.

"Peziarah sudah mengerti, mereka datang pakai masker. Kita tidak ada pembatasan peziarah, mereka biasanya datang bergantian," imbuhnya.

Salah peziarah, Ahmad datang khusus untuk berziarah di makam yang terletak di area Masjid Jami Assalafiyah itu.

"Saya baru pertama kali ziarah ke makam Pangeran Jayakarta," kata Ahmad di lokasi, Kamis 915/4).

Warga Pulogadung tersebut mengaku sudah sejak lama ingin berziarah ke makam Pangeran Jayakarta, namun baru bisa berkunjung saat ini."Saya ke sini untuk mendoakan saja sekaligus untuk mencari ketenangan batin," ujar Ahmad.