Tips Menikmati Staycation di Bulan Puasa

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih

 Kamis 15 Apr 2021 16:38 WIB

Staycation disebut jadi primadona setelah lama tak berlibur selama pandemik Covid-19 (Foto: ilustrasi liburan staycation) Foto: Pxfuel Staycation disebut jadi primadona setelah lama tak berlibur selama pandemik Covid-19 (Foto: ilustrasi liburan staycation)

Staycation bisa menjadi alternatif liburan saat puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berlibur di saat berpuasa rasanya terdengar tidak mungkin. Selain karena situasi pandemi Covid-19, sebagian dari kita juga memilih untuk tinggal di rumah saja untuk menjaga puasa kita agar tidak mudah batal.

Padahal, berpuasa bukan berarti kita mengurangi kegiatan sehari-hari termasuk berlibur. Nah, salah satu liburan aman yang bisa dicoba selama bulan puasa adalah staycation. Kamu masih bisa tetap berpuasa sambil menenangkan pikiran sejenak.

Bagi kalian yang tertarik staycation selama bulan puasa, simak beberapa tips dari RedDoorz untuk merasakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Manfaatkan fasilitas di tempat kamu menginap
Staycation akan membuat kamu menghabiskan banyak waktu di akomodasi tempat kamu menginap. Tentu akan membuat kamu bosan saat kamu tidak menemukan hal yang bisa dilakukan di tempat kamu menginap ditambah kamu harus menunggu jam berbuka puasa.

"Maka dari itu kamu perlu untuk memilih hotel atau akomodasi yang tepat, yaitu dengan memilih penginapan yang memiliki berbagai ruang beraktivitas seperti, ruang olahraga, kolam renang, atau pun ruang bermain," kata Vinda Karuna Mudita selaku Public Relations Manager RedDoorz dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (15/4).

Hunting foto
Saat staycation, pastikan kamu memilih akomodasi yang memiliki sudut-sudut yang instagramable untuk jadi konten media sosialmu. Beberapa hotel sudah mendekorasi dan mendesain interiornya dengan sangat unik, modern, dan bergaya milenial. Sehingga, bagaimanapun foto yang kamu ambil, akan terlihat menarik.

Movie marathon
Gunakan waktu kamu bersantai untuk menonton banyak film sekaligus bersama keluarga atau teman kamu. Dengan menonton film kamu bisa menikmati waktu berbuka puasa tanpa rasa bosan. Jadi pilihlah film yang mungkin banyak kamu lewatkan saat harus bekerja pada hari biasanya.

"Tak perlu khawatir untuk urusan kuota karena kamu bisa memanfaatkan fasilitas Wifi hotel atau TV Kabel. Jadi pastikan pilih hotel yang menunjang untuk kamu nonton ya," kata Karuna.

Berbuka dengan menu jajanan setempat
Meski sedang berpuasa, tempat makan dan jajanan di sekitar tidak boleh kelewatan. Pada akhirnya kamu akan menikmati berbuka puasa di tempat kamu menginap.

Untuk mempermudah, kamu bisa memilih akomodasi yang terletak di lokasi strategis atau pun yang dikelilingi dengan berbagai wisata kuliner. Kamu bisa mencoba banyak menu makanan agar menu berbuka puasa kamu bervariasi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X