Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Gibran Komitmen Tingkatkan Pembangunan Daerah di Solo

Kamis 15 Apr 2021 16:30 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Foto: MOHAMMAD AYUDHA/ANTARA
Kota Solo jadi urutan kedua harus jadi motivasi untuk memperbaiki pembangunan daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berkomitmen akan meningkatkan pembangunan daerah di Solo untuk memperbaiki capaian penghargaan di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Ini tadi saya menerima penghargaan untuk (capaian pembangunan daerah) 2020, dari (hasil kerja) pak Rudy (wali kota sebelumnya), saya cuma menerima," kata Gibran Rakabuming Raka.

Ia mengatakan Kota Solo berhasil menjadi juara kedua di bawah Kota Semarang yang berhasil menduduki peringkat pertama. Oleh karena itu, menurut dia, hal tersebut harus menjadi motivasi Pemkot Surakarta untuk bisa terus memperbaiki pembangunan daerah.

"Ini jadi cambuk, harus kerja keras lagi. Cuma juara dua. Nanti kita akan perbaiki lagi, evaluasi lagi," katanya.

Gibran mengakui hal tersebut tidak mudah dilakukan mengingat saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19, sehingga konsentrasi pemerintah masih lebih ke pemulihan ekonomi.

Pemerintah Kota Surakarta meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021 Kategori Kota Terbaik II. Penghargaan diterima oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023 dan RKPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (14/4).

Penghargaan diberikan kepada tiga kota terbaik dan tiga kabupaten terbaik. Untuk kota terbaik, selain Semarang dan Surakarta, ada Kota Magelang yang berhasil menduduki peringkat ketiga. Sedangkan untuk tiga kabupaten terbaik, yakni Kabupaten Pati, Banyumas, dan Kabupaten Pekalongan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam arahannya mengatakan pentingnya kota/kabupaten untuk memiliki perencanaan yang matang di tengah pandemi Covid-19. Menurut dia, salah satu yang penting adalah adanya akselerasi proyek strategis untuk mendorong pemulihan perekonomian.

"Kita harus perkuat sinergi antara pusat, provinsi, dan kabupaten untuk pemulihan perekonomian. Lakukan terobosan baru yang inovatif untuk meningkatkan pendapatan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA