Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Surat Yasin dan Sebab Penamaannya

Kamis 15 Apr 2021 16:10 WIB

Red: Agung Sasongko

Alquran

Alquran

Foto: alarabiya.net
Surah Yasin juga namakan Jantung Alquran (Qalb Alquran).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat ini dinamakan Yasin karena dimulai dengan kata tersebut. Menurut sebagian ulama, Yasin adalah nama lain Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam.

Penyebutan huruf-huruf abjad pada permulaan beberapa surat Alquran memberikan pesan bahwa Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhamamd terdiri dari huruf-huruf yang biasa digunakan oleh masyarakat Arab. 

Meski demikian, mereka tidak mampu menandingi dan membuat yang serupa dengannya. Di sinilah letak kemukjizatan Alquran. Sesudah huruf-huruf semisal Yasin ini dinamakan Al Huruf Al Muqattaáh biasanya Allah mengemukan hal yang penting.

Baca Juga

Dalam surah ini misalnya, sesudah menyebut Yasin, Allah SWT bersumpah bawa Nabi Muhammad benar-benar seorang Rasul yang diutus kepada kaum yang belum pernah diutus kepada mereka seorang Rasul sebelumnya.

Surah Yasin juga namakan Jantung Alquran (Qalb Alquran). Hal ini merujuk pada hasi Rasulullah yang menyatakan,"Segala sesuatu memiliki jantung, dan jantung Alquran adalah Yasin."

Menurut Al Gazali, Yasin dinamakan jantung Alquran karena inti uraianya berkisar pada keimanan yang baru dapat dinilai benar dengan pengakuan terhadap hari Akhir. Sama halnya dengan peran jantung dalam kesehatan dan kehidupan manusia, keimanans eseorang baru dinilai benar jika disertai dengan keimanan terhadap Hari Kebangkitan.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA