Puasa Ramadhan Meningkatkan Empati Sosial

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

 Kamis 15 Apr 2021 16:05 WIB

Puasa  Meningkatkan Empati Sosial. Foto:  Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Puasa  Meningkatkan Empati Sosial. Foto: Ilustrasi Ramadhan

Empati sosial bisa ditingkatkan dengan puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Berpuasa dengan sungguh-sungguh dapat menumbuhkan kepedulian kepada saudara, tetangga yang kekurangan. Kepedulian kepada saudara atau tetangga dapat dilakukan dengan banyak cara.

Topaji Pandu Barudin dalam bukunya Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa mengatakan umat Islam dapat membantu orang yang kekurangan dengan cara bersedekah. "Umat Islam juga dapat menggalang dana untuk memberi modal usaha bagi orang fakir. Mendoakan kebaikan kepada orang lain juga termasuk kepedulian," katanya.

Baca Juga

Kepedulian sosial merupakan perilaku terpuji kehendak-nya dimiliki oleh setiap umat Islam. Jika setiap umat Islam memiliki kepedulian kepada sesamanya, akan tercipta masyarakat yang makmur dan sejahtera. Masyarakat akan hidup harmonis penuh rasa toleran dan saling menolong.

Banyak ayat Alquran dan hadist pentingnya kita peduli terhadap kehidupan sosial di masyarat. Puasa ini mesti menjadi mementum meningkatkan peduli karena pahala yang berlipatganda.

Di antara ayat yang menjadi motivasi meningkatkan kepedulian sosial atah empati adalah firman Allah dalam surah Al-Hadid (57) ayat 7 yang artinya:

''Dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya.''

Dalam surat Ali-Imran ayat 92 Allah juga berfirman. "Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebaktian (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.''

Manusia yang terbaik adalah yang paling berguna bagi masyarakatnya,'' demikian sabda Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis. Dalam hadis lain yang Muttafaq 'Alaih, Nabi juga bersabda, ''Pada hari kiamat, manusia yang menduduki tempat tertinggi di sisi Allah adalah orang yang paling banyak memajukan kesejahteraan hamba-hamba Allah.''

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya." (HR Bukhari-Muslim).

"Dan berbuat baiklah kepada tetanggamu, niscaya engkau menjadi seorang Muslim." (HR Ibnu Majah).

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X