Arab Saudi Bagikan 15 Ton Kurma di Indonesia

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani

 Kamis 15 Apr 2021 14:46 WIB

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi  (tengah) melakukan simbolis pemberian bantuan kepada Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin (kanan) di kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, Jakarta, Kamis (15/4). Pemerintah Arab Saudi melalui Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia memberikan bantuan sembako sebanyak 3.000 paket dan 10.000 paket berbuka puasa, 15 ton kurma, serta 30.000 Al-Quran yang disalurkan melalui organisasi dan yayasan islam. Republika/Thoudy Badai Foto: Republika/Thoudy Badai Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi (tengah) melakukan simbolis pemberian bantuan kepada Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin (kanan) di kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, Jakarta, Kamis (15/4). Pemerintah Arab Saudi melalui Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia memberikan bantuan sembako sebanyak 3.000 paket dan 10.000 paket berbuka puasa, 15 ton kurma, serta 30.000 Al-Quran yang disalurkan melalui organisasi dan yayasan islam. Republika/Thoudy Badai

15 ton kurma istimewa itu merupakan hadiah dari Raja Salman bin Abdulaziz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi menyerahkan hadiah kurma kepada pimpinan sejumlah ormas Islam di Atase Agama Kedutaan Arab Saudi di Jakarta pada Kamis (15/4). Sejumlah pimpinan ormas Islam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pondok pesantren nampak hadir di sana.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia menyerahkan 3.000 paket sembako dan 10 ribu paket berbuka puasa untuk dibagikan kepada para fakir miskin, anak yatim dan tim medis. Termasuk membagikan 15 ton kurma istimewa hadiah dari Raja Salman bin Abdulaziz dan 30 ribu eksemplar Alquran dengan terjemahan bahasa Indonesia.

Esam mengatakan, sebagaimana diketahui, Arab Saudi dan Indonesia memiliki hubungan yang kuat. Karena kedua negara memiliki hubungan sejarah.

"Sekarang kita sedang menjalankan (ibadah) Ramadhan, ini (hadiah) adalah apresiasi untuk memperlihatkan kepada saudara-saudara di Indonesia bahwa kita (Arab Saudi) sangat dekat, terlebih di bulan suci Ramadhan," kata Esam kepada Republika di Atase Agama Kedutaan Arab Saudi, Jakarta, Kamis (15/4).

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia juga mengucapkan selamat Ramadhan kepada Indonesia, negera-negara Muslim dan umat Islam di dunia. Semoga Allah SWT akan menerima puasa dan doa semua umat Islam.

"Insya Allah tahun depan kita akan saling bertatap muka, dan pandemi (Covid-19) ini segera berakhir, dan kita akan menikmati puasa bersama, Insya Allah," ujar Esam.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin menyampaikan rasa syukurnya dan berterima kasih kepada pemerintah Arab Saudi.

Menurutnya, pemberian paket sembako, paket buka puasa dan kurma ini salah satu bentuk kerjasama sekaligus bentuk perhatian Arab Saudi terhadap umat Islam di Indonesia, khususnya di bulan Ramadhan.

"Arab Saudi memberikan bantuan kurma dan juga sembako, sangat kita apresiasi dan mudah-mudahan bermanfaat dan berkah untuk dinikmati oleh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, penyaluran kurma dan paket sembako tersebut akan diserahkan ke masing-masing ormas Islam. Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga telah memberikan 100 ton kurma kepada Kemenag untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui ormas-ormas Islam. Kurma tersebut sudah didistribusikan.

Kamaruddin juga mengungkapkan bahwa Indonesia dan Arab Saudi banyak melakukan kerjasama. Belum lama ini telah digelar Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Nasional ke-13 Tahun 2021.

"(Kami) menyiapkan peserta (MHQH) dari berbagai provinsi, alhamdulillah sudah terlaksana dengan baik, kami menyiapkan pesertanya, Arab Saudi yang menyiapkan dananya, ini diselenggarakan setiap tahun," ujarnya.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Juraidi menambahkan, sebelumnya pemerintah Arab Saudi lewat Kedutaan Arab Saudi memberikan 100 ton kurma ke pemerintah Indonesia melalui Kemenag. Arab Saudi juga memiliki program buka puasa bersama di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

"Tahun ini Indonesia dapat untuk pembagian sembako 3.000 paket, paket buka puasa 10 ribu paket dan ditambah kurma 15 ton (yang dibagikan hari ini ke ormas-ormas)," ujarnya.

Ia mengatakan, biasanya pemberian tersebut disalurkan melalui ormas-ormas, masjid dan beberapa pondok pesantren. Sekarang masih dalam kondisi pandemi Covid-19, jadi penyalurannya sesuai protokol kesehatan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X