Fakta Menarik tentang Kurma

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

 Kamis 15 Apr 2021 14:25 WIB

Petani Palestina mengatur kurma yang dipanen di ladang kurma Foto: EPA-EFE/ALAA BADARNEH Petani Palestina mengatur kurma yang dipanen di ladang kurma

Salah satu fakta soal kurma yakni pohon kurma ada yang jantan dan betina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bulan suci Ramadhan sudah dimulai pada Selasa (13/4) lalu. Umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Saat matahari terbenam dan waktunya berbuka puasa, mereka biasanya makan kurma.

Kurma mengandung vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, terdapat antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit. Para ahli menyebut kurma kaya akan kandungan fruktosa, gula alami yang menjadi sumber energi besar.

Dilansir Aljazirah, Kamis (15/4), kurma terbagi dari berbagi bentuk dan ukuran. Contohnya, King Medjool, Black Medjool, Mabroom, Ajwa, Deglet Noor, dan Piarom Malik. Nabi Muhammad saw menganjurkan berbuka puasa dengan kurma dan air putih yang tercantum dalam Alquran karena kaya akan nutrisinya. Kira-kira nutrisi yang terdapat dalam satu kurma, 20 kalori, 5,3 gram karbohidrat, 4 gram gula, dan 0,2 gram protein.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) setiap tahun setidaknya ada sembilan juta metrik ton kurma diproduksi. Kurma cenderung tumbuh subur di negara-negara dengan musim panas yang panjang dan terik seperti di Timur Tengah. Mesir adalah pemasok kurma teratas dunia yang memproduksi hampir satu dari lima atau 18 persen kurma dunia. Posisi kedua disusul Arab Saudi dengan 17 persen, dan Iran dengan 15 persen.

Ada beberapa fakta menarik tentang kurma yang jarang diketahui
1. Kurma telah dibudidayakan selama ribuan tahun.
2. Pohon kurma ada yang jantan dan betina. Namun, hanya pohon betina yang dapat menghasilkan buah.
3. Pohon kurma yang matang bisa menghasilkan lebih dari 100 kilogram kurma setiap musim panen.
4. Kurma Ajwa yang tumbuh di Madinah, Arab Saudi, merupakan kurma termahal di dunia. n Meiliza Laveda

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X