Kiat Menangkal Rasa Malas Beribadah Saat Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 15 Apr 2021 12:08 WIB

Kiat Menangkal Rasa Malas Beribadah Saat Ramadhan. Seorang anak membaca dan menghafal Alquran selama Ramadhan di sebuah masjid di Banda Aceh, Selasa (13/4). Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK Kiat Menangkal Rasa Malas Beribadah Saat Ramadhan. Seorang anak membaca dan menghafal Alquran selama Ramadhan di sebuah masjid di Banda Aceh, Selasa (13/4).

Rasa malas beribadah merupakan jebakan setan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Yayasan Askar Kauny Ustadz Bobby Herwibowo menjelaskan rasa malas beribadah merupakan jebakan setan yang paling pertama agar seseorang meninggalkan ibadah kepada Allah SWT.

Namun, setiap orang harus berupaya maksimal menangkal rasa tersebut. Caranya adalah dengan melewati batasannya sendiri.

Baca Juga

Menurutnya, seringkali untuk melakukan kebiasaan yang dianggap berat untuk dilakukan, seseorang hanya perlu menekan diri untuk melampaui batasannya. Melampaui batasan diri ini yang biasa dilakukan orang-orang dalam berbagai hal, seperti olahraga atau tujuan tertentu.

“Kata Imam Syafi’i tidak ada kenikmatan kecuali setelah bersusah payah. Jadi untuk merasakan nikmatnya sesuatu maka harus bekerja dengan bersusah payah. Seperti juga ketika ingin merasakan nikmatnya baca Alquran, baca terus sampai bahkan kadang orang tertidur,” ujarnya.

“Saya juga kadang heran, kenapa orang suka sekali dengan marathon, apa yang dicari? Rupanya mereka bisa melewati batas dirinya, meskipun capai, tapi tetap melewati batas diri. Insya Allah, jika berusaha maksimal, akan datang juga kenikmatan dalam beribadah,” ujarnya.

photo
Infografis Panduan Ibadah Ramadhan Saat Pandemi 2021 - (Republika.co.id)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X