Puasa Ramadhan Tumbuhkan Perilaku Disiplin, Rajin, dan Sabar

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

 Kamis 15 Apr 2021 13:55 WIB

Puasa Ramadhan Tumbuhkan Perilaku Disiplin, Rajin, dan Sabar. FOTO: ilustrasi buka puasa Foto: Pexels Puasa Ramadhan Tumbuhkan Perilaku Disiplin, Rajin, dan Sabar. FOTO: ilustrasi buka puasa

Perilaku disiplin, rajin, dan sabar bisa ditumbuhkan saat puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Banyak ayat dan hadits yang menerangkan fadilah (manfaat) puasa. Dari sekian banyak manfaat puasa di antaranya selain mejadi taqwa dapat menumbuhkan perilaku disiplin, rjin, dan sabar.

"Karena seseorang yang melaksanakan puasa berarti sedang melaksanakan perintah Allah Swt," kata Topaji Pandu Barudin dalam bukunya "Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa"

Seseorang itu juga dapat menyempurnakan puasanya dengan melaksanakan berbagai ibadah lain seperti salat sunah, sedekah, dan membaca Alquran. Kebiasaan melaksanakan perintah Allah Swt. dengan sungguh-sungguh membuatnya memiliki perilaku disiplin.

Baca Juga

"Perilaku disiplin tersebut tumbuh karena ia selalu berusaha melaksanakan perintah Allah SWT tepat waktu," katanya.

Melaksanakan puasa juga dapat menumbuhkan perilaku rajin dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang melaksanakan puasa terbiasa rajin beribadah dengan melakukan berbagai amalan ibadah demi mendapat pahala yang sempurna dari Allah SWT.

Puasa juga dapat membuat seseorang menjadi sabar dan tahun uji. Karena ketika berpuasa ia harus menahan nafsu dan amarah agar puasa yang dilakukan tidak batal.

"Dengan demikian, ia mampu menerapkan perilaku sabar dalam keseharian," katanya.

Disiplin dalam Islam di antaranya terekam di dalam Alquran surah an-Nisa ayat 59. Disiplin dapat diartikan kepatuhan menaati ketentuan yang telah ditetapkan. Ketentuan yang telah ditetapkan dapat bersumber dari Allah, Rasulullah SAW, maupun pemimpin. Ketentuan pemimpin yang boleh ditaati adalah ketetapan yang tidak bertentangan dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya.

Beberapa ajakan untuk berbuat disiplin yang berkaitan dengan waktu dapat dilihat dalam beberapa Firman Allah. Contoh, ungkapan yang dimaksudkan menghargai waktu atau berperilaku disiplin: wal-fajri (demi waktu Subuh), wadh-dhuha (demi waktu pagi), wan-nahar (demi waktu siang), wal-‘ashr (demi waktu sore), atau wal-lail (de mi waktu malam). Mukmin yang baik akan memiliki perilaku disiplin yang baik pula.

Puasa mengajarkan kepada kita untuk senantiasa disiplin dalam melaksanakannya. Disiplin dalam menaati perintah Allah dan Rasulullah SAW. Mulai tepat waktu dalam mengakhiri sahur, tepat waktu dalam berbuka, termasuk tepat waktu dalam melaksanakan shalat wajib dan shalat tarawih.

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X