Puasa Ramadhan Momentum Merekatkan Harmonisasi Keluarga

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

 Kamis 15 Apr 2021 12:51 WIB

Puasa Ramadhan Momentum Merekatkan Harmonisasi Keluarga. Foto:   Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Puasa Ramadhan Momentum Merekatkan Harmonisasi Keluarga. Foto: Ilustrasi Ramadhan

Harmonisasi keluarga bisa terbentuk dengan puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh ibadah puasa dapat memperat tali silaturahmi dan menambah keakraban di dalam keluarga. Ibadah puasa dapat menambah keakraban dalam sebuah keluarga, terutama puasa Ramadan. 

"Karena puasa yang dilaksanakan bersama-sama membuat seluruh keluarga lebih banyak berkumpul untuk melaksanakan berbagai ibadah," kata Topaji Pandu Barudin dalam bukunya "Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa".

Topaji mencontohkan, misalnya, seluruh anggota keluarga berkumpul ketika sahur atau berbuka. Pada malam hari seluruh anggota keluarga berangkat ke masjid untuk melaksanakan salat fardu maupun sholat tarawih.

Baca Juga

"Setiap anggota keluarga juga saling mengingatkan melakukan amal ibadah pada bulan Ramadhan," katanya.

Orang tua mengajak anaknya memperbanyak membaca Alquran dan orang tua juga mengajak anak-anaknya menjaga sikap dan perilaku agar puasa yang dilakukan tidak batal atau rusak. 

"Kebersamaan serta komunikasi yang baik pada bulan Ramadhan membuat sebuah lingkungan keluarga menjadi lebih harmonis," katanya.

Berbuat baik kepada keluarga merupakan sunnah Rasulullah. Dalam hadistnya Nabi Muhammad SAW bersabda.

Baca juga : Waspada Melanggar Syariat Saat Buka Puasa, Ini Contohnya

"Sebaik-baik kalian adalah yang berbuat baik kepada keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku." (HR Tirmidzi). 

Agama memberi pahala yang begitu besar bagi setiap perbuatan baik. Semakin sulit perbuatan baik tersebut, semakin besar imbalannya. Termasuk dalam hal ini, berbuat baik kepada keluarga dan ramadan menjadi moment untuk berbuat baik kepada keluarga dan umat seluruh alam.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X