Maksimalkan Ramadhan dengan 4 Amalan Sesuai Tuntunan Nabi

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 15 Apr 2021 11:38 WIB

Maksimalkan Ramadhan dengan 4 Amalan Sesuai Tuntunan Nabi. Sekelompok remaja membaca dan menghafal Alquran selama Ramadhan di sebuah masjid di Banda Aceh, Selasa (13/4). Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK Maksimalkan Ramadhan dengan 4 Amalan Sesuai Tuntunan Nabi. Sekelompok remaja membaca dan menghafal Alquran selama Ramadhan di sebuah masjid di Banda Aceh, Selasa (13/4).

Puasa seseorang lebih spesial jika menahan semua hal yang mendatangkan murka Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan diyakini setiap Muslim merupakan momen yang spesial untuk meraih ampunan Allah SWT. Setiap perbuatan baik disebut akan diberi ganjaran yang berlipat-lipat dibanding bulan-bulan yang lain.

Namun amalan apa saja yang biasanya dilakukan Rasulullah SAW saat Ramadhan? Bagaimana memaksimalkan Ramadhan di tengah sifat malas atau sulitnya istiqamah dalam beramal?

Berikut penjelasannya menurut Pendiri Yayasan Askar Kauny Ustadz Bobby Herwibowo.

Baca Juga

Tingkatkan kualitas puasa

Puasa diketahui setiap Muslim sebagai ibadah yang menahan lapar, minum hingga berhubungan badan. Namun untuk menjadikan puasa lebih spesial, kata Ustadz Bobby, harus berusaha lebih dari definisi fiqih tersebut. Puasa seseorang dikatakannya akan lebih spesial, jika menahan semua hal yang bisa mendatangkan murka Allah SWT.

“Untuk mendapatkan ganjaran spesial, kualitas ibadah shaumnya harus ditingkatkan. Semua hal yang bisa mendatangkan murka Allah, meskipun secara fiqih tidak membatalkan puasa, seperti menahan diri dari berkata dusta atau menahan diri dari perkataan yang tidak bermanfaat harus dilakukan,” katanya, Rabu (14/4).

Perintah meninggalkan dusta saat berpuasa, disebutkan dalam hadist Nabi SAW berikut:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari).

photo
Infografis Perkara yang Membatalkan Puasa - (Republika.co.id)
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X