Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Empat Besar Liga Champions: Bangsawan Eropa Dikelilingi OKB

Kamis 15 Apr 2021 09:43 WIB

Red: Endro Yuwanto

Logo Liga Champions.

Logo Liga Champions.

Foto: aa.com.tr
Real Madrid berada di antara Chelsea, Paris Saint-Germain (PSG), dan Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub pemilik gelar Liga Champions terbanyak sepanjang masa yang patut dilabeli sebagai bangsawan Eropa, Real Madrid, dikelilingi klub-klub orang kaya baru (OKB) dalam empat besar kompetisi tersebut musim ini. Real Madrid berada di antara Chelsea, Paris Saint-Germain (PSG), dan Manchester City.

Chelsea adalah klub yang baru menemukan kembali kesuksesan semenjak dibeli miliarder Rusia Roman Abramovich era 2000-an. PSG dan Manchester City adalah dua klub kaya raya yang mulai menaiki tangga kesuksesan setelah 2010-an, serta menjadi langganan penyelidikan pelanggaran aturan keadilan finansial (FFP) oleh Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

Real Madrid lolos ke semifinal berbekal keunggulan agregat 3-1 atas Liverpool setelah keduanya bermain imbang 0-0 dalam leg kedua yang berlangsung di Anfield, Kamis (15/4) WIB. Di babak semifinal nanti, Los Blancos akan bertemu Chelsea yang sehari sebelumnya kalah 0-1 kontra FC Porto di leg kedua, tetapi lolos dengan kemenangan agregat 2-1.

Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua tim di Liga Champions, tetapi Chelsea punya rekor gemilang tak pernah kalah melawan Real Madrid di Eropa. Dalam Piala Winners 1971, Chelsea mampu mengalahkan Real Madrid 2-1 di ulangan partai puncak untuk menjuarai kompetisi pendahulu Liga Europa tersebut. Lantas pada 1999, Chelsea menang 1-0 atas Real Madrid demi memenangi Piala Super Eropa. Kala itu Chelsea datang sebagai jawara Piala Winners dan Real Madrid juara Liga Champions musim 1997/98.

Partai semifinal Liga Champions lainnya akan mempertemukan City kontra PSG atau dalam kata lain klub Inggris yang ditopang dana Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan klub Prancis kepunyaan Qatar. Baik City maupun PSG sama-sama akan melakoni penampilan kedua di babak semifinal Liga Champions sepanjang sejarah panjang kedua klub.

Baca juga : 5 Pemain Muslim di Perempat Final Liga Champions

City tiba di semifinal melewati adangan Borussia Dortmund yang dua kali dikalahkan dengan skor 2-1 dalam dua leg perempat final. Sedangkan PSG mampu menuntaskan revans atas Bayern Muenchen, yang mengalahkannya di partai final musim lalu, dengan keunggulan produktivitas gol tandang dalam skor agregat 3-3 di dua leg perempat final.

Leg pertama semifinal dijadwalkan berlangsung 27-28 April diikuti leg kedua sepekan berselang dan UEFA baru akan mengumumkan jadwal lengkapnya pada Kamis petang nanti.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA