8 Tips Berolahraga Selama Ramadhan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 15 Apr 2021 07:46 WIB

8 Tips Berolahraga Selama Ramadhan. Latihan angkat beban di rumah. Foto: Flickr 8 Tips Berolahraga Selama Ramadhan. Latihan angkat beban di rumah.

Puasa Ramadhan sebenarnya bukan penghalang untuk berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama berpuasa Ramadhan, umat Muslim tidak diperkenankan untuk makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama. Terbatasnya waktu makan dan minum ini kerap memberikan tantangan tersendiri bagi ummat Muslim untuk tetap rutin berolahraga.

Akan tetapi, puasa Ramadhan sebenarnya bukan penghalang bagi umat Muslim untuk bisa berolahraga. Beberapa tips juga dapat membantu mempermudah umat Muslim untuk berolahraga di kala Ramadhan. Berikut ini adalah delapan tipsnya, seperti dilansir Independent.

Jaga Hidrasi

Baca Juga

Upayakan minum air yang cukup di saat sahur dan berbuka. Asupan air yang cukup dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi selama menjalani ibadah puasa, terlebih bila berencana olahraga di jam puasa.

"Saya biasanya minum empat gelas besar air sebelum subuh, untuk memastikan saya tetap terhidrasi sepanjang hari," ungkap duta Bio-Synergy dan pelatih pribadi Sunny Salique.

Temukan Waktu Terbaik

Puasa mungkin memberikan dampak yang berbeda bagi setiap orang. Penting untuk mengetahui kapan waktu terbaik berolahraga sesuai dengan kondisi diri sendiri. Salique secara pribadi memilih berolahraga di malam hari setelah berbuka puasa.

"(Karena) saya bisa minum air putih selama berolahraga dan tak perlu khawatir soal dehidrasi," ujar Salique.

Berolahraga sebelum menyantap sahur juga dapat memberikan manfaat tersendiri menurut pemilik Female Trainer Souad Gharib. Berolahraga di awal pagi dapat membantunya merasa lebih berenergi di waktu-waktu yang menantang saat berpuasa, seperti di siang hari. Terkadang, Gharib juga melakukan olahraga beberapa saat sebelum jam berbuka puasa.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X