Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Mukjizat Saat Membaca Alquran

Kamis 15 Apr 2021 06:50 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah

Mukjizat Saat Membaca Alquran

Mukjizat Saat Membaca Alquran

Foto: Mgrol100
Alquran punya pengaruh besar, terlebih bagi mereka yang mengerti bahasanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spesialis tafsir Alquran Prof Muhammad Quraish Shihab mengatakan, terdapat mukjizat yang dapat ditemukan saat membaca Alquran. Alquran memiliki keindahan dan kedetailan redaksi bahasanya. 

Alquran pada umumnya turun spontan. Tapi saat dibandingkan redaksinya dengan ucapan nabi atau syair-syair pada masa nabi, Alquran jauh lebih unggul. Redaksinya indah, seimbang, singkat, padat, dan mampu mencakup makna yang tidak dicakup oleh kata-kata yang dibuat manusia. 

“Itu sebabnya orang-orang Arab sangat terkagum-kagum dengan redaksi bahasa Alquran. Oleh karenanya, Alquran punya pengaruh yang sangat besar, terlebih bagi mereka yang mengerti bahasa Arab. Sampai sekarang kita bisa temukan redaksi Alquran yang begitu indah dan teliti, dan jelas ini tidak mungkin disusun oleh manusia, bahkan Nabi Muhammad SAW sekali pun,” katanya dalam ceramah virtual yang telah diunggah di saluran resmi Quraish Shihab.

Baca Juga

Jika merujuk pada redaksi kata dan bahasanya yang seimbang, ditambah isyarat-isyarat ilmiah yang terkandung didalamnya, yang bahkan belum terungkap saat Alquran diturunkan, Allah SWT dengan telak membuktikan Alquran merupakan mukjizat yang tak lekang oleh waktu. Seperti halnya yang difirmankan Allah SWT dalam surah Yunus ayat 92, “Maka pada hari ini Kami selamatkan jasadmu (Fir’aun) agar engkau dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang setelahmu, tetapi kebanyakan manusia tidak mengindahkan tanda-tanda (kekuasaan) Kami.”

“Janji ini tertulis di dalam Alquran, dan benar, sekitar abad ke-19 atau 20, jasad Firaun ditemukan dan dipajang di Mesir. Itu adalah kebenaran yang dibawa Alquran dari segi ilmiah, dan itu semua ada di Alquran. Namun persoalannya, banyak orang yang tidak membaca Alquran atau meneliti keindahan bahasanya, pemberitaan ghaibnya, isyarat ilmiahnya, yang kini semakin terbukti kebenarannya.” 

“Orang-orang yang dekat dengan Alquran, akrab dengan Alquran, cinta pada Alquran, akan dengan mudah menyadari ayat-ayat Alquran merupakan kunci dekat dengan sang pencipta. Alquran juga memiliki berbagai sisi kemukjizatan untuk menjawab orang-orang yang ragu terhadapnya,” katanya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA