Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Pengguna Android, Jauhi Toko Aplikasi APKPure

Kamis 15 Apr 2021 05:12 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Dear Pengguna Android, Jauhi Toko Aplikasi APKPure! Karena .... (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)

Dear Pengguna Android, Jauhi Toko Aplikasi APKPure! Karena .... (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)

Toko aplikasi tidak resmi bukan hanya berbahaya, melainkan juga tidak aman

Bagi para pengguna ponsel pintar, perusahaan keamanan siber global menyarankan mengunduh aplikasi lewat toko resmi; demi menekan potensi terinfeksi malware.

Sebab, toko aplikasi tidak resmi bukan hanya mendukung aplikasi berbahaya, melainkan juga tidak aman untuk perangkat kita. Buktinya, baru-baru ini Kaspersky melaporkan infeksi Trojan di situs APKPure, alternatif populer dari toko aplikasi Android.

"Tampaknya APKPure versi 3.17.18 juga dilengkapi dengan SDK iklan, satu dengan Trojan dropper tertanam, yang dideteksi oleh solusi Kaspersky sebagai HEUR: Trojan-Dropper.AndroidOS," jelas Peneliti Keamanan Kaspersky, Igor Golovin, dikutip Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Saat Bitcoin Loyo, Deretan Altcoin Ini Justru Melambung, Bro!

Baca Juga: Isu Makin Kencang, Gojek-Tokopedia Akan Merger Jadi 'GoTo', yang Benar?

Apa itu APKPure?

APKPure adalah salah satu toko aplikasi alternatif bagi pengguna Android. Secara khusus, situs itu menyediakan aplikasi gratis atai shareware. Selain itu, pemiliknya menekankan, semua aplikasi di toko telah Google pindai.

Akan tetapi, aplikasi APKPure sendiri belum melalui pengujian. Insiden tersebut sangat mirip dengan kasus CamScanner, di mana pengembang menerapkan SDK iklan dari sumber tak terverifikasi dan berbahaya. Karena hal itu, malware dapat menyusup ke APKPure.

Igor menambahkan, "Saat diluncurkan, ia membongkar dan menjalankan muatannya, yang merupakan bagian berbahaya."

Komponen itu dapat melakukan sejumlah hal, yakni: menampilkan iklan di layar kunci; membuka tab browser; mengumpulkan informasi tentang perangkat; dan yang paling berbahaya, mengunduh perangkat lunak perusak lainnya.

Apakah APKPure aman sekarang?

Pada 8 April, Kaspersky telah menginformasikan APKPure perihal masalah tersebut. Pada 9 April, perwakilan APKPure memberikan informasi bahwa mereka melihat masalah terkait dan sedang berusaha memperbaikinya.

Tidak lama setelah itu, versi baru (3.17.19) muncul di situs aplikasi APKPure. Berdasarkan deskripsi yang tertera, pembaruan "Memperbaiki masalah keamanan potensial, membuat APKPure lebih aman untuk digunakan."

Perusahaan keamanan siber global dapat mengonfirmasi bahwa isu terkait sudah diperbaiki: APKPure 3.17.19 tidak mengandung komponen berbahaya dan aman untuk digunakan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA