Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Menkes Minta Pemprov Papua Waspadai Kasus Covid-19 di PNG

Kamis 15 Apr 2021 04:35 WIB

Red: Ratna Puspita

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Menkes minta masyarakat Papua agar tidak sering menyeberang ke Papua Nugini (PNG).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mewaspadai tingginya jumlah kasus terpapar positif Covid-19 di negara tetangga Papua Nugini (PNG). "Kami minta masyarakat Papua agar tidak sering menyeberang ke Papua Nugini (PNG) karena kasusnya sangat tinggi," katanya di Jayapura, Rabu (15/4).

Menurut Budi, Kemenkes berharap jenis virus Covid-19 di Papua Nugini tidak termasuk jenis yang ganas. "Hal ini perlu diingatkan oleh Pemprov Papua bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan antara RI dan PNG," katanya.

Baca Juga

Dia menjelaskan di awal sudah diketahui bahwa Covid-19 di Papua berasal dari luar wilayah "Bumi Cenderawasih" itu, yakni dari Bogor, Jawa Barat dan Gowa, Sulawesi Selatan. "Di mana seharusnya Papua tidak kena, akhirnya jadi kena atau ada warga yang terpapar," katanya.

Dia menambahkan yang ditakuti, virus Covid-19 di PNG termasuk jenis yang ganas sehingga akan lebih membahayakan masyarakat di Papua. "Sehingga kami minta Pemprov Papua lebih menjaga wilayah perbatasannya khususnya yang berbatasan dengan PNG," kata Budi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA