Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Lima Fakta Menarik Jelang Dortmund Vs Manchester City

Kamis 15 Apr 2021 01:11 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pemain Dortmund Jude Bellingham (kanan) berebutn bola dengan pemain Manchester City Joao Cancelo pada pertandingan sepak bola Liga Champions, leg pertama, perempat final antara Manchester City dan Borussia Dortmund di stadion Etihad di Manchester, Rabu (7/4) dini hari WIB.

Pemain Dortmund Jude Bellingham (kanan) berebutn bola dengan pemain Manchester City Joao Cancelo pada pertandingan sepak bola Liga Champions, leg pertama, perempat final antara Manchester City dan Borussia Dortmund di stadion Etihad di Manchester, Rabu (7/4) dini hari WIB.

Foto: AP / Dave Thompson
Dortmund pernah mengalahkan Man City dalam laga kandang di Liga Champions 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borrusia Dortmund masih berpeluang lolos ke semifinal Liga Champions meski kalah 2-1 pada leg pertama di kandang Manchester City.  Mereka setidaknya mengantongi tabungan satu gol tandang.

Dortmund akan menjamu City pada leg kedua di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (15/4) dini hari WIB ini. Pasukan Die Borussen bertekad menjegal langkah City lolos ke semifinal. Meski itu bukan hal mudah.

Menjamu City, Dortmund masih tanpa lima pemain karena cedera. Di antaranya adalah Axel Witsel, Jadon Sancho, Dan-Axel Zagadou, Marcel Schmelzel, dan Youssoufa Moukoko.

Adapun tim tamu masih diragukan menurunkan Sergio Aguero dan Aymeric Laporte meski keduanya dikabarkan sudah mulai berlatih.

City bertekad lolos ke semifinal Liga Champions setelah tersingkir pada perempat final dalam empat musim terakhir. Lolosnya mereka ke semifinal juga demi menjaga peluang meraih empat trofi dalam satu musim tetap terjaga.

City berpeluang besar mengangkat trofi Liga Primer Inggris setelah unggul 11 poin dari tim peringkat kedua, Manchester United, dengan sisa enam pertandingan. City juga lolos ke final Piala Liga melawan Tottenham Hotspur. Mereka pun masih bertahan di Piala FA dan akan melawan Chelsea di babak semifinal.  

Berikut lima fakta menarik yang patut disimak jelang laga Dortmund vs Man City:

- Manchester City tercatat 13 kali melaju ke babak berikutnya dari 15 pertandingan fase gugur di kompetisi besar Eropa usai memenangkan leg pertama. Dua pengecualian itu saat kalah di leg kedua melawan Juventus pada 1976-77 di Piala UEFA Cup dan melawan Monaco pada Liga Champions 2016-17.

- Dalam tujuh laga terakhir dimana Borussia Dortmund kalah pada leg pertama fase gugur Liga Champions, mereka telah tersingkir enam kali. Satu-satunya pengecualian saat melawan Benfica pada 2016-17. Pada babak enam belas besar itu mereka kalah 0-1 pada leg pertama, namun menang 4-0 pada leg kedua.

- Borussia Dortmund pernah memenangkan pertandingan kandang melawan Manchester City pada fase grup Liga Champions Desember 2012. Dalam pertemuan itu tim Jerman menang 1-0.

- Manchester City belum kemasukan gol dalam empat lagi tandang terkahir mereka di Liga Champions. Tim terakhir yang pernah lima kali tanpa kebobolan di laga tandang berturut-turut pada kompetisi ini adalah Manchester United (2010-11).

- Dortmund tercatat kalah dalam dua laga terakhir melawan tim asal Inggris di Liga Champions. Yakni melawan Tottenham Hotspur pada pada 2017-18 dan 2018-19.

sumber : BBC Sport
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA