Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Erick: Kesuksesan FIBA Asia Cup 2021 akan Berdampak Positif

Kamis 15 Apr 2021 00:40 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Yudha Manggala P Putra

Logo FIBA Asia Cup 2021

Logo FIBA Asia Cup 2021

Foto: Panpel FIBA Asia
Pemerintah siap mendukung maksimal penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021 di Istora.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kejuaraan bola basket FIBA Asia Cup 2021 digelar di Istora, Senayan, Jakarta, 17-29 Agustus mendatang. Ia akan menjadi ajang olahraga internasional pertama di Indonesia pada masa pandemi.

Oleh karenanya, sukses penyelenggaraan dalam memanggungkan aksi para pebasket Asia, sekaligus penerapan protokol kesehatan ketat selama kejuaraan berlangsung harus menjadi syarat utama yang dipenuhi panitia pelaksana. Ini agar perhelatan FIBA Asia Cup 2021 bisa memberikan dampak positif bagi segala sektor kehidupan di Indonesia.

Menteri BUMN, Erick Thohir menekankan itu menyambut peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021 di Stadiun Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/4). Peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021 dihadiri oleh Sesmenpora Gatot Dewa Broto, Direktur Eksekutif FIBA Asia Hagop Khajirian, Ketua Panitia Pelaksana Jakarta FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah, dan Perwakilan PB Perbasi Francis Wanandi.

Dalam konferensi pers yang diikuti puluhan media nasional dan internasional secara virtual tersebut juga hadir Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK Mokhamad Rofik Anwar.

"Peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021 yang menandakan bahwa tak lama lagi kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang bola basket internasional merupakan berkah di bulan Ramadhan bagi olahraga nasional. Setelah setahun lebih kita berjuang melawan pandemi, dan kini kita memasuki periode vaksinasi, maka peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021 menjadi momentum bagi kita semua untuk bangkit," ujar Erick di Jakarta, Rabu (14/4)

Menteri pencinta bola basket ini menambahkan bahwa olahraga di era sekarang ini memiliki dimensi yang bisa mempengaruhi banyak sektor kehidupan. Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang memberikan trickle down effect positif bagi sendi kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya di Indonesia harus menjadi inspirasi panitia pelaksana FIBA Asia Cup 2021.

"Pemerintah akan memberikan dukungan maksimal demi kesuksesan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021. Saya yakin, sektor swasta juga akan aktif terlibat untuk berpartisipasi karena ini event olahraga internasional perdana di tengah pandemi. Kesuksesan akan berdampak positif, baik di bidang ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan banyak hal," ungkap Erick.

Hal senada juga diungkapkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang menyatakan akan memberikan dukungan agar FIBA Asia Cup 2021 yang diikuti 16 negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah, berjalan lancar dan melaksanakan standar protokol kesehatan yang ditetapkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA