Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Kepala Daerah Diminta Jadi Role Model Penegakan Prokes

Rabu 14 Apr 2021 23:49 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Mendagri Tito Karnavian meminta kepala daerah menjadi role model dalam dalam penegakan protokol kesehatan Covid-19. Tito menekankan pentingnya jiwa kepemimpinan kepala daerah yang bisa ditiru masyarakat.

Mendagri Tito Karnavian meminta kepala daerah menjadi role model dalam dalam penegakan protokol kesehatan Covid-19. Tito menekankan pentingnya jiwa kepemimpinan kepala daerah yang bisa ditiru masyarakat.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Mendagri ingatkan pentingnya jiwa pemimpin kepala daerah agar ditiru masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta kepala daerah menjadi role model dalam dalam penegakan protokol kesehatan Covid-19. Tito menekankan pentingnya jiwa kepemimpinan kepala daerah yang bisa ditiru masyarakat.

“Leadership, saya minta kepemimpinan, leadership, saya minta menjadi role model, menjadi tokoh yang bisa ditiru oleh masyarakat dalam berbagai hal, termasuk masalah Covid-19 misalnya,” kata Tito dalam siaran persnya, Rabu (14/4)

Tito menjelaskan, kepemimpinan kepala daerah amat dibutuhkan dan jadi suri tauladan bagi masyarakat. Menurutnya, jika kepala daerah dalam bertindak kontroversi, apalagi melanggar peraturan, akan memengaruhi kepercayaan dari masyarakat.

“Beberapa kasus kita lihat (oknum) kepala daerah, dibully karena kumpul rame tanpa masker, dan itu ada sanksi bisa mengandung dan membawa masalah hukum,” katanya.

Karena itu, Tito berpesan agar kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 dapat menjaga marwah dan menghindari diri dari perbuatan yang dapat mengandung sanksi hukum maupun sanksi sosial. Dia juga amat menyayangkan, jika ada kepala daerah dicopot dari jabatannya karena pelanggaran hukum.

Untuk itu, ia meminta kepala daerah dapat menjadi panutan masyarakat dalam berbagai hal.

“Jadi role model untuk semua hal, hindari betul hal-hal yang mungkin bisa menjadi masalah, karena hal-hal yang tercela terutama yang menyangkut masalah asusila itu bisa mengandung sanksi, salah satu sanksinya adalah pemberhentian,” ujar Mantan Kapolri tersebut.

Dalam acara penutupan rapat koordinasi (Rakor) Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 itu, Tito mengucapkan selamat bertugas kepada kepala daerah terpilih dan yang telah dilantik. Ia berharap para kepala daerah mampu mengemban amanah dengan baik, menjaga kepercayaan masyarakat, dan tidak terlibat kasus pelanggaran hukum.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA