Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Hujan Es dan Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di Bekasi

Rabu 14 Apr 2021 17:56 WIB

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah kendaraan melintasi pohon yang tumbang akibat hujan deras / Ilustrasi

Sejumlah kendaraan melintasi pohon yang tumbang akibat hujan deras / Ilustrasi

Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Hujan es batu ini terjadi di empat kecamatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Bekasi diguyur hujan lebat pada Rabu (14/4) siang menjelang sore. Hujan itu membawa gumpalan es batu yang menjatuhi rumah warga. Awwaludin (27) warga Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, mengaku terkejut tatkala rumahnya kejatuhan es batu sebesar setengah jari kelingking dalam jumlah banyak.

"Hujan es batu siang ini, sebelum hujan ada petir dulu berkali-kali," kata Awwaludin, kepada Republika.co.id, Rabu (14/4).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kota Bekasi, Agus Harpa, mengatakan, hujan es batu ini terjadi di empat kecamatan. Di antaranya Kecamatan Pondok Melati, Pondok Gede, Jatisampurna dan Jatiasih.

Selain hujan es batu, angin kencang juga menumbangkan banyak pohon serta tiang listrik di area wilayah tersebut. Agus Harpa mengatakan, pantauan timnya melaporkan ada pohon tumbang di Jalan Wibawa Mukti, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Ari Yanti (27), mengatakan, atap kantornya yang berada di Kecamatan Pondok Melati ambruk akibat derasnya hujan.

"Atap kantor ambruk, dan tiang listrik depan juga tumbang. Kurang tahu pastinya kejadian jam berapa karena gluduk gede terus matiiin handphone," kata Ari saat dihubungi.

Koordinator Sub Bidang Peringatan Dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Agie Wandala, mengatakan, perkembangan awan hujan antara pukul 14.00 WIB - 15.00 WIB terus mengarah ke Bekasi yang ternyata juga disertai dengan adanya hujan es.

"Hujan es biasa terjadi diiringi oleh awan cumulonimbus yang saat ini sering muncul ketika periode peralihan musim," jelas dia.

Adapun, BMKG mengimbau kepada  masyarakat agar selalu waspada ketika muncul perubahan cuaca yang cepat pada sore hari.

"Terutama masyarakat yang sedang berkendara atau yang sedang di luar rumah. Hindari parkir di dekat pohon yang mudah tumbang," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA