Rabu 14 Apr 2021 16:50 WIB

Vaksinasi Lansia di Banyumas akan Dilaksanakan Malam Hari

Pemberian vaksin pada malam hari ini, akan dilaksanakan di puskesmas.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Muhammad Fakhruddin
Vaksinasi Lansia di Banyumas akan Dilaksanakan Malam Hari (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Vaksinasi Lansia di Banyumas akan Dilaksanakan Malam Hari (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, mengambil kebijakan berbeda dalam pelaksanaan program vaksinasi bagi lansia. Kepala Dinas Kesehatan Sadiyanto menyebutkan, selama Bulan Ramadhan ini, pihaknya akan mengubah strategi dalam program vaksinasi Covid 19 bagi lansia.

''Selama Bulan Ramadhan ini, kami akan melaksanakan vaksinasi bagi lansia pada malam hari,' jelasnya, Rabu (14/4).

Dia menyebutkan, kebijakan perubahan waktu pemberian vaksinasi bagi lansia ini diputuskan dengan pertimbangan aspek kebugaran lansia. ''Lansia yang berpuasa, bagaimana pun kondisi fisiknya tidak akan sebugas saat tidak berpuasa. Karena itu, kita putuskan agar pemberian vaksin Covid 19 bagi lansia dilakukan pada malam hari, setelah para lansia tersebut berbuka puasa,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, program vaksinasi bagi lansia saat ini masih terus berjalan. Bahkan lansia yang telah mendapat suntikan dosis pertama, saat ini sudah mulai mendapatkan dosis kedua. ''Pada  bulan puasa ini, pemerintah memang mengizinkan orang berpuasa untuk tetap mendapatkan vaksin. Termasuk bagi lansia,'' jelasnya.

Namun dia menyebutkan, proses screening atau pemeriksaan kesehatan terhadap lansia yang akan menerima vaksin selama puasa, harus dilaksanakan lebih cermat. ''Bila hasil pemeriksaan tidak memenuhi syarat, lebih baik ditunda. Tidak perlu dipaksakan,'' katanya.

Sadiyanto menyebutkan, pelayanan pemberian vaksin pada malam hari ini, akan dilaksanakan di puskesmas-puskesmas. Rencananya, pemberian vaksin dilakukan setelah waktu pelaksanaan  shalat tarawih.

''Tapi mungkin pemberian vaksin pada malam hari ini tidak dilaksanakan setiap hari. Tapi disesuaikan dengan jadwal piket tenaga kesehatan yang ada di masing-masing puskesmas,'' jelasnya.

Sementara di Kabupaten Purbalingga, pemberian vaksin di puskesmas selama Bulan Ramadhan, tetap dilaksanakan pada pagi  hingga siang hari. ''Waktu pemberian vaksin, tetap mulai pagi hingga siang hari, menyesuaikan jam kerja saat Ramadhan,'' jelas  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga, Hanung Wikantono. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement