Lima Cara Mengisi Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani

 Rabu 14 Apr 2021 15:31 WIB

Ilustrasi Ramadhan dan Kedamaian Foto: Republika/Thoudy Badai Ilustrasi Ramadhan dan Kedamaian

Setiap Muslim harus memanfaatkan waktu Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Allah swt memberi kita kesempatan lagi dalam hidup kita untuk menyaksikan dan merasakan bulan suci Ramadhan. Satu bulan yang memiliki banyak keistimewaan karena berkah Tuhan dan rahmat-Nya.

Karena keistimewaan ini, setiap Muslim harus memanfaatkan waktu ini sepenuhnya. berikut beberapa cara menyambut bulan ini dan menerimanya dengan bahagia dilansir dari About Islam:

1. Memperbanyak doa
Ketua Dewan Fiqih Amerika Utara, Dr. Muzammil H. Siddiqi mengatakan setiap Muslim harus memaksimalkan bulan ini dengan mmperbanyak doa. Terutama berdoa  kepada Allah swt agar kita bisa menjalani ibadah dalam kondisi sehat dan kondisi terbaik sehingga dapat berpuasa dan melakukan semua tindakan pengabdian dengan mudah.

2. Bersyukur dan rasa bahagia
Ketika Ramadhan tiba, maka setiap Musim harus bersyukur kepada Allah swt dan menunjukkan kebahagiaan. Nabi juga bersabda memberikan kabar baik bulan ini kepada para sahabatnya.

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi”. (HR. An-Nasai)

3. Rencanakan amal kebaikan
Untuk memaksimalkan Ramadhan, kita harus membuat rencana yang baik untuk sebulan penuh seperti bagaimana mengatur pagi dan malam kita selama Ramadhan.

Aturlah waktu sebaik mungkin sehingga kita dapat sholat tepat waktu, membaca Alquran dan mengambil sahur (makanan yang dikonsumsi pagi-pagi sebelum sholat subuh) dan buka puasa (berbuka puasa saat matahari terbenam, sholat Maghrib) tepat waktu.

Hal ini penting sebagai tanda kita memiliki niat dan tekad yang tulus untuk memanfaatkan waktu ini sepenuhnya. Juga memiliki tekad dan komitmen penuh bahwa Anda tidak akan melakukan dosa atau kesalahan apapun selama ini.

4. Pelajari fiqih puasa
Fiqih puasa sangat penting agar tidak melakukan sesuatu yang merusak puasa.  Pelajari cara Nabi Muhammad saw dalam berpuasa, itu adalah cara terbaik.  Puasa tidak hanya dapat dirusak dengan makan dan minum selama berpuasa, tetapi juga dengan mengucapkan kata-kata kotor dan melakukan hal-hal yang salah.

Nabi Muhammad saw berkata:
"Barangsiapa tidak menghindari kata-kata buruk dan perbuatan buruk, Allah tidak membutuhkan dia meninggalkan makanan dan minumannya,"  (HR. Al-Bukhari)

5. Beramal baik
Bulan Ramadhan adalah bulan kebaikan, amal dan kemurahan hati.  Rencanakan untuk mengundang tetangga, rekan kerja, teman, Muslim dan non-Muslim kita untuk makan buka puasa bersama Anda.

Beri tahu teman dan tetangga non-Muslim yang kita keal tentang bulan ini dan berkahnya.  Lebih murah hatilah dan bantu yang miskin dan membutuhkan.  Rencanakan untuk memberikan sedekah dan amal dan bantu orang lain sebanyak yang kita bisa. Alkhaldi Kurnialam

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X