Yang Harus Dimakan dan Dihindari Saat Sahur

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Esthi Maharani

 Kamis 15 Apr 2021 02:59 WIB

Roti bakar simpel yang padat gizi untuk inspirasi menu sahur. Foto: Freepik Roti bakar simpel yang padat gizi untuk inspirasi menu sahur.

Saat sahur dianjurkan tidak makan berlebihan dan langsung tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Ahli Gizi Ramy Salah mengimbau agar tidak makan berlebihan saat sahur. Ia juga menyarankan agar tidak langsung tidur setelah santap sahur. Ia mengatakan hal tersebut akan menyebabkan gangguan pencernaan.

"Setelah makan yang cukup, bisa tambahkan konsumsi yogurt saat menjelang sahur. Hal tersebut akan membantu orang yang berpuasa tidak merasa haus hingga siang hari serta membantu mencegah masalah pada sistem pencernaan," katanya dikutip dari egyptindependent.com pada Rabu (14/4).

Ia mengatakan yogurt dan buah seperti semangka atau melon sangat baik dikonsumsi karena kandungan cairannya yang tinggi. Selain itu, harus juga ditambah dengan mengkonsumsi protein yang cukup seperti kacang-kacangan atau telur asalkan tidak dikonsumsi bersamaan dan berlebihan.

"Jangan lupa orang yang berpuasa untuk minum air dalam jumlah besar antara buka puasa dan waktu sahur. Ingat sahur dan buka puasa itu penting jangan sampai melewatkan salah satunya," kata dia.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X