Rabu 14 Apr 2021 13:47 WIB

UBSI Solo Motivasi Mahasiswa Jadi Programmer Sukses

Kemajuan teknologi membuat berbagai perusahaan membutuhkan programmer andal

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (HIMASA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo menggelar webinar yang bertajuk “Pengalaman Menjadi Seorang Programmer” secara daring melalui aplikasi Zoom, Sabtu (10/4).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (HIMASA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo menggelar webinar yang bertajuk “Pengalaman Menjadi Seorang Programmer” secara daring melalui aplikasi Zoom, Sabtu (10/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Memiliki skill dalam bidang pemrograman tentu tidak diragukan lagi peluangnya. Untuk memberikan semangat dan motivasi bagi para mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (HIMASA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo menggelar webinar yang bertajuk “Pengalaman Menjadi Seorang Programmer” secara daring melalui aplikasi Zoom, Sabtu (10/4).

Narasumber yang dihadirkan ialah Kunto Agus Mardono selaku Owner CV Media Cipta Creative yang merupakan alumni Universitas BSI sukses meniti karir sebagai programmer. Sementara Erlangga Brahmanto selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Solo mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menggali potensi mahasiswa dalam bidang pemrograman.

“Kegiatan ini sangat penting untuk memotivasi mahasiswa, agar dapat menggali potensi dan memperbaharui pengetahuan mereka terutama dalam bidang pemrograman. Kebutuhan programmer yang semakin meningkat membuat Universitas BSI kampus Solo berkomitmen menciptakan calon-calon programmer,” ungkapnya dalam keterangan rilis, Selasa (13/4).

Kunto Agus dalam pemaparannya menjelaskan bahwa SDM di Indonesia khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti programmer cukup memperhatinkan. “Kemajuan teknologi yang canggih membuat berbagai perusahaan membutuhkan SDM handal di bidang programmer. Sehingga kebutuhan programmer dan developer meningkat. Hal ini memberikan kesempatan besar kepada mahasiswa menjadi calon programmer sukses,” jelasnya.

Dalam hal ini, Kunto menegaskan bahwasannya untuk menjadi seorang programmer yang sukses, kita perlu belajar banyak hal setiap harinya. Apalagi jika belum memahami apa permintaan dari konsumen.

“Untuk menjadi seorang programmer yang sukses, kita perlu belajar terus karena bahasa pemrograman yang digunakan tiap kali selalu berganti. Selain itu, kita juga perlu untuk upgrade skill supaya tidak tertinggal dengan bahasa pemrograman yang digunakan saat ini. Membangun jaringan juga diperlukan, misalnya kita punya teman yang kerja di perusahaan, lalu ditawarkan kepada perusahaan tersebut dan akhirnya berlanjut dari mulut ke mulut sehingga menambah target pemasaran kita,” imbuh Kunto.

Gilang, salah satu peserta kegiatan webinar memberi tanggapan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan menginspirasi. Dia juga menambahkan quotes untuk memotivasi para peserta kegiatan ini. “Sebaik-baiknya karya adalah menciptakan, bukan meniru dan memodifikasi,” tambah Gilang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement