Rabu 14 Apr 2021 13:16 WIB

Jadikan BTS Parodi, Jaringan TV Chili Minta Maaf

Parodi BTS ditayangkan dalam acara komedi Mega TV "Mi Barrio.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Parodi BTS ditayangkan dalam acara komedi Mega TV
Foto: Wikimedia
Parodi BTS ditayangkan dalam acara komedi Mega TV "Mi Barrio.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah jaringan TV Chili mengeluarkan permintaan maaf setelah menerima reaksi balasan atas sketsa tentang grup K-pop BTS di acara komedi "Mi Barrio". Sketsa itu berasal dari siaran 10 April acara komedi Mega TV "Mi Barrio".

Segmen tersebut melibatkan lima anggota boy band yang tampil di acara bincang-bincang. Saat diminta memperkenalkan diri, mereka menyatakan bahwa nama mereka adalah Kim Jong-un, Kim Jong-dos, Kim Jong-tres, Kim Jong-cuatro, dan Juan Carlos. Nama depan menyiratkan hubungan dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan nama ketiga dalam bahasa Spanyol.

Baca Juga

Ketika ditanya siapa nama asli mereka, para anggota memperkenalkan diri sebagai V, Jungkook, Agust D, J-Hope, dan Jin, mengonfirmasi bahwa mereka memparodikan BTS. Mereka berbagi bahwa hanya satu anggota yang dapat berbicara bahasa Korea, tetapi sebenarnya mulai berbicara dengan aksen yang tidak masuk akal, "menerjemahkan" kalimat menjadi "Saya mendapat vaksin."

Setelah siaran, banyak penggemar BTS mulai mengungkapkan ketidaknyamanan mereka dengan segmen tersebut dengan membuat trending tagar #RacismIsNotComedy dan mengajukan keluhan resmi ke Dewan Televisi Nasional Chili. Stasiun penyiaran Mega melalui akun Twitter mereka mengeluarkan permintaan maaf, Senin (12/4) waktu setempat.

“Kepada semua yang terluka, kami ingin meminta maaf dan menunjukkan empati. Kami tidak berniat menghina atau menyakiti komunitas mana pun. Kami akan terus belajar, meningkatkan, dan mendengarkan,” tulis akun Twitter Mega dilansir Soompi, Rabu (14/4).

Meskipun mereka belum menanggapi situasi yang sebenarnya itu, BTS berbicara menentang rasisme anti-Asia dalam sebuah surat rinci pada bulan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement