Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

KEK Tanjung Lesung Mampu Dorong Pendapatan Daerah Rp 16,15 T

Rabu 14 Apr 2021 12:00 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.

Foto: Tanjung Lesung
KEK Tanjung Lesung menjadi destinasi wisata yang dikenal akan sport tourismnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banten West Java selaku pengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Lesung menunjukan komitmennya dalam menjadikan KEK Tanjung Lesung sebagai Indonesia X World the 1st Largest Adventure & Nature Playground di Indonesia. Hal ini ditunjukkan atas keberhasilan menyelenggarakan kejuaraan nasional (Kejurnas) Sprint Rally Lintas Fortuna Nusantara Tropical 2021 putaran pertama di Sirkuit Badak Tanjung Lesung, Banten.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan, sebanyak 180 pembalap plus navigator dengan 95 mobil balap ikut berpartisipasi dalam kejurnas. “Event mampu mendongkrak perekonomian sekitar dan juga dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, sehingga menjamin keamanan bagi pembalap dan panitia yang terlibat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (14/4).

Berdasarkan catatanya, akibat pandemi Covid-19 menyebabkan terhentinya aktivitas pariwisata, sehingga menurunkan pendapatan asli daerah (PAD) Banten. Pada tahun sebelumnya sebesar Rp 8 triliun, menjadi hanya Rp 7,88 triliun pada 2020 sedangkan kebutuhan APBD Banten sebesar Rp 13,21 triliun. 

Baca Juga

“Kehadiran Sirkuit Badak yang menyelenggarakan tiga putaran Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021 akan turut berkontribusi dalam peningkatan PAD Banten, sehingga tahun ini dapat menembus Rp 8 triliun dan memenuhi kebutuhan APBD Banten 2021 sebesar Rp 16,15 triliun," ungkapnya.

Ke depan pihaknya optimis bahwa KEK Tanjung Lesung menjadi destinasi wisata yang dikenal akan sport tourism-nya. Hal itu karena lokasi Sirkuit Badak yang berada di pinggir pantai Tanjung Lesung serta didukung pemandangan alami yang indah, dan medan yang beragam, mulai dari jalan berkerikil (gravel), aspal, sampai berpasir, sehingga menjadikan Sirkuit Badak menjadi salah satu sirkuit sprint rally terbaik di Indonesia.

"Selain bisa digunakan untuk sprint rally, Sirkuit Badak juga bisa digunakan rally cross, speed offroad, motor cross, drag, drift, carting, hingga safety driving course. Sebagai salah satu sport automotive tourism unggulan Indonesia, khususnya kejuaraan otomotif dengan medan tanah. Semakin banyak kejuaraan yang diselenggarakan, semakin banyak pemasukan ekonomi bagi masyarakat dan PAD Banten," ungkapnya.

Banten West Java yang merupakan anak usaha dari Jababeka Group, menurut Direktur PT Jababeka Tbk  Basuri Tjahaja Purnama pembangunan Tanjung Lesung akan diarahkan menjadi Indonesia X World. “Akan menyediakan area wisata tematik bagi para wisatawan, mulai dari aerosport, land sport, marine sport, sampai motor sport,” ucapnya.

Menurutnya luas daerah sebesar 1.500 hektare, lokasinya dekat dengan Jakarta, dan dibukanya dalam waktu dekat Tol-Serang Panimbang Seksi I per Mei 2021 yang akan memangkas waktu tempuh.

“Maka Tanjung Lesung bisa membanggakan, baik internasional maupun nasional, dan mendukung perekonomian dan pariwisata Indonesia,” ucapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA