Terapkan Tips Ini Saat Berbelanja Ramadhan

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 14 Apr 2021 12:05 WIB

Terapkan Tips Ini Saat Berbelanja Ramadhan Foto: EPA-EFE/ADI WEDA Terapkan Tips Ini Saat Berbelanja Ramadhan

Ketika berbagai diskon selalu menjadi penggoda.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Kebiasaan berbelanja di masa Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri memang acap kali dilakukan. Terlebih, ketika berbagai diskon selalu menjadi penggoda. 

Namun, masa pandemi masih berlangsung, karenanya, berikut adalah beberapa tips berbelanja selama obral Ramadhan dengan tetap membatasi pengeluaran, seperti dikutip dari Gulf News, Rabu (31/3).

Baca Juga

Pertama, seperti kita tahu, banyak pakaian untuk musim ini yang didiskon. Bahkan, tak jarang barang tersisa dan tak terjual malah dijual dengan harga murah. Para perencana keuangan selalu menyarankan tidak membeli barang-barang itu sepekan setelah menerima gaji.

Perencana berdalih sepekan usai mendapat gaji adalah waktu terbaik menyisihkan berbagai kebutuhan. Mulai dari tagihan, pinjaman dan sebagainya. Sisa dari yang ada, bisa digunakan untuk belanja atau kebutuhan lain.

Layaknya hari raya, pakaian memang kerap menjadi kebutuhan banyak orang. Namun nyatanya, tips dari para ahli menyarankan agar membeli pakaian juga tidak dilakukan saat obral hari raya, melainkan membeli pakaian musim mendatang, sebelum musim itu tiba.

Lebih lanjut, para ahli juga menyarankan agar kita mempertimbangkan kembali sebelum berbelanja ke pusat perbelanjaan atau toko lainnya. Mereka menganggap toko hanya perlu dikunjungi saat menjadi satu-satunya pilihan.

Baca juga : Kenakan Hijab, Ioni Sullivan Disangka Sakit

Tips keenam, alih-alih membeli barang sekali pakai atau mungkin dibutuhkan untuk masa mendatang, sebaiknya kita hanya menyewanya saja. Langkah ini bisa menghemat uang.

Hal serupa juga bisa diterapkan pada perkakas rumah. Bahkan, cara tersebut juga bisa digunakan untuk menyewa novel terbaru. Alih-alih dari membelinya dan hanya membaca sekali.

Para ahli menyarankan untuk membatasi penggunaan uang tunai. Jika terpaksa menggunakan kartu kredit, gunakanlah membeli barang yang menawarkan poin atau hadiah dengan nilai potongan besar dari harga produk yang kita beli.

Cara mengatur keuangan itu bisa menghemat uang dengan kembali membelanjakan kebutuhan di masa depan menggunakan poin. Bagaimana jika dana terbatas tapi membutuhkan barang yang sesuai?

Jawabannya, kita bisa berbelanja barang bekas. Meski memang kerap dijadikan bias saat membeli barang bekas, namun perlu diketahui, masih banyak barang dengan tag dan label jelas sehingga kita tahu sedang berhemat.

Link artikel asli

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X