Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Keutamaan Surah Al Waqiah

Rabu 14 Apr 2021 07:53 WIB

Red: Agung Sasongko

Alquran

Alquran

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Rasulullah selalu membaca surah al-Waqiah sepanjang hidupnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suatu ketika, Abu Bakar bertemu dengan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. "Wahai Rasulullah, Anda tempat lebih tua (beruban),"tanya Abu Bakar.

Rasulullah menjawab,"Saya telah dibuat beruban oleh Surah Hud, al-Waqiah, al-Mursalat, Amma Yatasan Alun, dan Izasy-Syamsyu Kuwwirat (HR Tirmidzi).

Dalam buku tafsir surah al-Waqiah terbitan Lajnah Pentasihan Kementerian Agama, penyebutan lima surah di atas secara bergandengan sebagai surah-surah yang membuat Nabi terlihat tua adalah karena kelimanya memiliki tema yang sama yakni menetapkan keniscayaan Hari Kiamat.

Baca Juga

Karenanya, siapapun yang meyakininya lalu mempersiapkan diri menghadapinya akan membuatnya lebih khusyuk dan terlihat tua. Kesamaan itu bisa diihat Surah Hud 3-4, Al Waqiah 1-5, Al Mursalat 7-14, An Naba 17-20, dan At Takwir 1-3.

Rasulullah selalu membaca surah Al Waqiah sepanjang hidupnya.Di samping sering dibaca Rasul, dalam surah ini terdapat ayat yang berbunyi fassabih bismi rabikal azim, yang kemudian digunakan sebagai bacaan ketika rukuk dalam sholat.

"Jadikan fassabuh bismi rabbikal azim sebagai bacaan dalam rukuk kalian. Lalu ketika ayat sabbihsima rabbikal a'la turun, jadikanlah ia sebagai bacaan dalam sujud kalian."(HR Ahmad dari Uqbah bin Amir).

Riwayat lainnya yang dinilai dhaif oleh banyak ulama hadis, Abdullah bin Masud pernah mendengar Rasulullah bersabda,"Barang siapa membaca surah al-Waqiah setiap malam niscaya ia tidak akan pernah miskin atau kekurangan selamanya. (HR Baihaqiy dalam Syuabul-iman dan Abu Ubaid dalam Fadailul Quran).

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA