Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Kekayaan 8 Orang Terkaya di Dunia Capai 1 Triliun Dolar

Rabu 14 Apr 2021 06:51 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah

Bill Gates.

Bill Gates.

Foto: Republika/Prayogi
Kenaikan saham teknologi menambah pundi-pundi orang kaya di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Reli saham teknologi menambah pundi-pundi harta orang-orang terkaya di dunia di atas 100 miliar dolar AS. Sehingga total kekayaan delapan orang paling kaya menjadi 1 triliun dolar AS.  

Seperti dilansir dari Bloomberg Selasa (13/4) mulai pekan lalu pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin bergabung dalam klub eksklusif yang didominasi pengusaha teknologi asal Amerika Serikat tersebut. Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index total kekayaan delapan orang terkaya di dunia tahun ini lebih dari 1 triliun dolar AS.

Pendiri Amazon Jeff Bezos menjadi orang pertama setelah pendiri Microsoft Bill Gates yang meraih kekayaan di atas 100 miliar dolar AS pada 2017 lalu. Gates yang mencapai 100 miliar pada 1999 lalu sempat mengalami kemerosotan ketika ledakan dot.com.

Ia kembali meraih gelar sebagai orang yang memiliki kekayaan ratusan miliar dolar pada tahun 2019. Pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan pendiri Tesla Inc Elon Musk masuk ke dalam kategori itu pada tahun lalu setelah pandemi Covid-19 mempercepat peralihan kehidupan sehari-hari ke digital.

Sebagian besar miliuner yang kekayaannya di atas 100 miliar dolar AS tinggal di Amerika. Senator Elizabeth Warren dari Partai Demokrat dan anggota parlemen dari sayap progresif lainnya berencana memperkenalkan pajak kekayaan tetapi rencana itu tampaknya tidak kemana-mana karena tajamnya perbedaan pendapat di Kongres.  

"Ekonomi AS ada mesin terkuat di dunia dalam menciptakan kekayaan dan kemakmuran," kata presiden dan  chief executive officer kelompok think tank  Economic Innovation Group, John Lettieri pada anggota parlemen pada 17 Maret lalu.

"Terlepas dari itu, lemahnya kekayaan di lapisan paling bawah masih menjadi fakta dan masalah di negara ini," tambahnya.

Pada Jumat (9/4) saham-saham AS naik ke rekor terbaru pasar optimistis dengan pemulihan ekonomi. Saham yang fokus pada teknologi Nasdaq 100 Index naik 7 persen tahun ini.

Saham perusahaan induk Google yakni Alphabet Inc reli dalam dua pekan terakhir setelah memenangkan perebutan hak cipta. Tahun ini pundi-pundi Page dan Brin masing-masing bertambah 20 miliar dolar AS.

Kekayaan Warren Buffett juga sempat di atas 100 miliar dolar bulan Maret lalu dan kembali ke posisi tersebut pada pekan ini. Sementara pemilik perusahaan merek-merek terkemuka LVMH yakni Bernard Arnault sudah masuk kelompok 100 miliar dolar AS sejak tahun 2019 lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA