Rabu 14 Apr 2021 07:25 WIB

5 Hal yang Bisa Membuat Ponsel Android Tampil Berbeda

Banyak cara membuat ponsel Android menjadi terasa seperti baru lagi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang pembeli sedang mencoba smartphone Android. (ilustrasi)
Foto: EPA/Britta Pedersen
Seorang pembeli sedang mencoba smartphone Android. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda bisa membuat ponsel Android menjadi terasa seperti baru lagi. Dilansir dari CNET, Selasa (13/4), ada lima cara untuk menyesuaikan aspek perangkat lunak ponsel Android sehingga tampilan ponsel Anda bisa lebih segar.

Pertama, hapus aplikasi sekali pakai. Luangkan beberapa menit untuk membuka layar beranda atau laci aplikasi Anda dan hapus semua aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Aplikasi tersebut tidak hanya menghabiskan penyimpanan yang berharga, tetapi juga berpotensi masih memiliki akses ke informasi pribadi apa pun yang Anda setujui saat aplikasi pertama kali diluncurkan.

Baca Juga

Cara menghapus aplikasi dapat bervariasi berdasarkan siapa yang membuat perangkat Anda. Bacalah buku panduan jika Anda tidak melihat opsi uninstall setelah menekan lama ikon aplikasi.

Kedua, kosongkan lebih banyak penyimpanan perangkat. Setelah menghapus aplikasi lama apa pun, kosongkan lebih banyak penyimpanan dengan menelusuri file yang disimpan di ponsel Android Anda.

Cara tercepat dan termudah untuk mengelola penyimpanan ponsel Anda adalah dengan menggunakan aplikasi File yang telah diinstal sebelumnya. Sebenarnya, beberapa ponsel menggunakan variasi dari aplikasi yang sama. Di Samsung, misalnya, disebut My File. Pada jajaran Pixel disebut File, sementara di OnePlus 9 disebut File Manager.

Mulailah dengan memeriksa folder Download, tempat Anda dapat menghapus file yang tidak diinginkan lagi atau memindahkannya ke suatu tempat seperti Google Drive atau penyedia penyimpanan cloud lainnya. Sebagian besar aplikasi file juga akan mengungkapkan file besar apa pun yang disimpan di perangkat Anda.

Ketiga, atur layar beranda. Salah satu bagian terbaik Android adalah seberapa banyak Anda dapat menyesuaikan seluruh tampilan ponsel Anda. Dari memasang paket ikon aplikasi hingga mengganti sepenuhnya peluncur yang digunakan ponsel Anda, ada banyak opsi untuk mempersonalisasi ponsel Anda.

Pengguna bisa mengubah tata letak aplikasi yang dapat membuat perangkat terasa seperti ponsel baru. Tekan lama pada area kosong di layar beranda ponsel  lalu pilih Pengaturan Beranda (atau beberapa variasinya). Itu akan membuka opsi untuk layar beranda Anda, di mana Anda dapat menyesuaikan berbagai pengaturan.

Ini mungkin tampak seperti perubahan kecil untuk beralih dari kisi aplikasi 4x5 menjadi 5x5, tetapi kolom tambahan itu dapat membuat perbedaan besar. Contoh lainnya, pengguna juga akan menemukan pengaturan untuk swap layar beranda untuk melihat pemberitahuan.

Keempat, ubah pengaturan yang mengganggu. Kumpulkan pengaturan mana yang ingin diubah dan disesuaikan di ponsel Android untuk memaksimalkannya. Misalnya, mengaktifkan mode gelap tidak hanya membuat aplikasi terlihat lebih baik, tetapi juga menghemat masa pakai baterai.

Kelima, telusuri opsi privasi Anda. Periksa kembali pengaturan privasi Anda dengan cara buka aplikasi Pengaturan, lalu ketuk Privasi > Manajer Izin.

Periksa setiap kategori untuk melihat aplikasi mana yang saat ini memiliki akses ke data pribadi. Matikan aplikasi yang tidak ingin Anda miliki aksesnya ke lokasi Anda. Hal yang sama berlaku untuk kontak, kalender atau kamera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement